News

KPU: 40 Komisioner Terpapar Covid-19 saat Pilkada Serentak 2020

FaseBerita.ID – Pelaksana tugas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan sebanyak 40 komisioner KPU di seluruh provinsi Indonesia tertular Covid-19.

Tertularnya para komisioner KPU itu selama hajatanan Pilkada serentak 2020 kemarin. “Ini ada total komisioner 40 orang,” ujar Ilham di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/1).

Ilham menambahkan, selain 40 komisioner KPU kabupaten/kota tersebut ada sebanyak 36 aparatur sipil negara (ASN) tertular Covid-19. Kemudian tenaga ahli, tenaga pendukung dan tenaga operator dan pegawai lain yang jumlahnya 47 orang.

“Kemudian panitia Adhoc 2020 yang kami teruma laporannya ada 36 orang. Selanjutnya pegawai lain jumlahnya 26 orang,” katanya.

Selain tertular Covid-19, Ilham mengatakan, ada juga terjadi kecelakaan yang dialami oleh petugas KPU. Seperti terdapat 34 orang panitia pemungutan suara (PPS), 37 orang kelompok penyelengga pemungutan suara (KPPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebanyak 31 orang.

Selanjutnya adalah petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) dan satuan bina masyarakat (Binmas) yang totalnya 11 orang.

“Jadi sampai tanggal 15 Januari 2021 telah terjadi beberapa kejadian kecelakaan kerja. Ada yang perawatan di RS maupun berobat jalan, bahkan ada yang meninggal dunia,” pungkasnya. (jp)