News

KPK Dorong Kepala Daerah Komit Berantas Korupsi

ASAHAN, FaseBerita.ID – Plt Bupati Asahan H Surya BSc menandatangani komitmen pencegahan korupsi terintegrasi bersama KPK, Selasa (14/5).

Penandatanganan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi untuk menjaga keberlanjutan pencegahan korupsi lewat perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Penandatanganan ini sebagai bentuk komitmen pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan di Sumatera Utara. KPK melaksanakan kegiatan penandatanganan Komitmen Pencegahan Korupsi Terintegrasi yang ditandatangani langsung oleh Plt Bupati Asahan,“ kata Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar kepada wartawan di Kisaran, Selasa (14/5).

Dalam penandatangan ini dihadiri langsung oleh Ketua KPK Agus Raharjo dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Raja Inal Siregar di Medan di kantor Gubernur Sumut.

Penandatanganan dilakukan pada Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi Terintegerasi, Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Penertiban Barang Milik Daerah di Sumut.

Dalam komitmen itu, Hidayat menjelaskan perihal program pencegahan korupsi terintegrasi. Yakni untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik dan mencakup sembilan sektor.

Di antaranya perencanaan dan pengaggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, dana desa, manajemen ASN, optimalisasi pedapatan daerah, manajemen asset daerah dan sektor stategis.

“KPK juga mendorong seluruh kepala daerah di Sumatera Utara untuk menjalin kesepakatan dan kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Bank Sumut. Hal itu dilakukan untuk pengoptimalan pada sektor pendapatan dan manajemen aset daerah,” ujarnya.

KPK berharap dengan adanya perjanjian antara Pemda dengan Bank Sumut, ke depan bisa mempermudah pemantauan terhadap wajib pungut pajak hotel, restoran parkir, dan hiburan. Sehingga penetapan pajak lebih akuntabel dan dapat mencegah terjadinya fraud pada penerimaan pajak daerah.

Delapan kepada daerah yang menandatangani komitmen bersama Gubernur Edy Rahmayadi adalah Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendy Nasution, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, Bupati Batubara Zahir, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan Plt Bupati Asahan Surya. (Per)