News

KPID Sumut Gelar Literasi Media Bagi Kaum Perempuan

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara menggelar acara literasi media bagi anggota organisasi perkumpulan wanita Kota Tanjungbalai.

Acara ini dibuka Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, di Aula Kantor Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jalan Gaharu, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan sebagai warga terdepan untuk mendidik anak, dimulai dari kandungan sampai akhir hayatnya.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung mengatakan, acara ini digelar dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan sekaligus menghentikan peredaran berita hoaks dan melek akan dunia digital.

“Untuk itu, peran kaum perempuan menjadi penting dalam menggunakan media sosial dengan bijak. Jangan menyebarkan berita bohong atau hoaks. Bila kita ada dalam keraguan, maka lakukan tabayyun,” ungkapnya.

Maka dari itu, sambungnya, kaum perempuan Kota Tanjungbalai dapat mengikuti materi yang diberikan, sehingga dapat  memahami peran perempuan tentang materi pedoman P3-SPS untuk mendapatkan informasi program lembaga penyiaran sehat, layak, benar, dan siaran sehat untuk rakyat demi terwujudnya Kota Tanjungbalai Menuju Kota Layak Anak.

Wakil Ketua KPID Provinsi Sumatera Utara Drs Rachmad Karo Karo menyampaikan, Sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, dan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01 dan 02 /P/KPI/ 03 /2012 tentang Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS).

“Jajaran KPI Daerah Provsu berterima kasih memberikan apresiasi kepada walikota yang memberikan Izin untuk menjadikan Kota Tanjungbalai sebagai pilihan lokasi kegiatan, setelah KPID Sumut melakukan survey dari beberapa kabupaten/kota hasil pleno terpilihnya di Kota Tanjungbalai,” sebutnya.

Peserta yang diikutkan dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang, diutamakan bagi ibu-ibu anggota organisasi perkumpulan wanita di Kota Tanjungbalai.

Karena perkembangan peran dan posisi kaum wanita/perempuan selain menjadi istri/ibu sebagai mitra sejajar dengan kaum pria, perempuan memiliki kesempatan dan mempunyai tanggung jawab yang sama terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi majunya pembangunan.

Menurut hasil penelitian, perempuan memilki waktu yang lebih banyak dibandingkan kaum pria mendampingi anak-anak dalam keluarga mendengarkan siaran radio dan televisi. (ck-02/ahu)