News

Korpri Diusulkan Dihapus, Dispora dan PSDA Dibentuk

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Simalungun mengajukan Ranperda kepada DPRD Simalungun, berisi perubahan status tiga Organisasi Perangkat Daerah yaitu Korpri yang diusulkan dihapus, sementara Dispora dan PSDA dibentuk baru.

Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Simalungun Nomor 4 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah itu disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Simalungun Amran Sinaga, dalam rapat Paripurna DPRD Simalungun, Pamatang Raya, Jumat (9/8/2018) sekira Pukul 16.00 WIB.

Amran Sinaga dari podium menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Simalungun dirasa perlu untuk mengevaluasi kelembagaan perangkat daerah yakni menghapus dan membentuk beberapa perangkat daerah baru.

“Adapun Perangkat daerah yang dimaksud Sekretariat Dewan Pengurus Korpri, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA),”sebutnya.

Disampaikan Amran Sinaga, nota pengantar Bupati Simalungun atas pengajuan Ranperda Tentang Perubahan kedua atas Peraturan Daerah kabupaten simalungun nomor 4 tahun 2016 itu menpedomani Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah dan Permendagri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah.

“Kami berharap nantinya hasil pembahasan Raperda antara DPRD dengan Pemkab Simalungun disepakati menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Simalungun dan ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Simalungun,” tandasnya.

Pimpinan rapat, Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani mendengar nota pengatar tersebut langsung mengakhiri rapat dan akan dilanjutkan Senin mendatang.

“Kita sudah mendengar tadi nota pengantar Bupati, untuk itu, rapat kita skors dan akan dilanjutkan Senin (12/8) mendatang,”tutupnya sambil mengetuk palu sekali.

Perlu diketahui bahwa saat ini Korpri berdiri sendiri dan nantinya akan di hapuskan dan gabung ke Sekretariatan Daerah. Sedangkan Pemuda Dan Olahraga yang saat ini bergabung pada Dinas Pendidikan, nantinya akan berdiri sendiri menjadi Dispora.

Sementara Dinas PUPR Simalungun akan terbagi menjadi dua Dinas yakni Pekerjaan Umun (PU) dan Dinas Perumahan kawasan permukiman pengelolaan sumber (PSDA).

Usai Rapat Paripurna, pantauan awak media ini, DPRD Simalungun salam komando dengan Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga yang rencananya akan ikut mencalon merebut kursi jabatan Simalungun Satu. (Mag05)