News

Korban Gempa Sulbar Capai 89 Orang

FaseBerita.ID – Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terus bertambah.

Berdasarkan pencatatan data dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada Selasa (19/1) pukul 15.2 WITA, jumlah korban meninggal dunia mencapai 89 orang.

“Sebanyak 78 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majane,” kata Humas Basarnas Yusuf Latif dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1).

Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita. Gempa itu berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene.

Gempa ini juga turut dirasakan di pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju yang hanya berjarak 34 kilometer dari pusat gempa. Gempa itu menghancurkan sejumlah bangunan dan memakan banyak korban jiwa.

Hingga kini, operasi pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan. Tim SAR gabungan bahkan mengerahkan anjing pintar K9 dan alat pendeteksi kehidupan untuk mempercepat pencarian.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Sulawesi Barat, Selasa (19/1). Dia meninjau beberapa lokasi yang terdampak gempa.

“Betul, akan meninjau beberapa lokasi gempa di kantor gubernur dan tempat pengungsian,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada merdeka.com, Selasa.

Dia mengatakan, Jokowi juga akan memberikan bantuan serta berkunjung ke rumah warga yang terdampak gempa. Dia juga akan mengunjungi para korban gempa. (int)