News

Korban Arisan Online: Tersangka harus Mempertangungjawabkan Perbuatannya

SIANTAR, FaseBerita.ID – Ernita Meilina Simangunsong (38) telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan Kejari Pematangsiantar atas kasus penipuan berkedok arisan Online.

Lise Manik (42) asal Sidikalang mengaku iba dan kasihan setelah Ernita masuk penjara. Namun Lise mengungkapkan bahwa Ernita harus mempertanggungjawakan perbuatannya setelah menipu anggota Arisan.

“Saya kebetulan kerja di Siantar. Jadi saya ketemu dengan dia (Ernita) dan dia menawarkan kepada saya untuk gabung ke arisan online,” terang Lise.

Saat pertemuan itu, Lise menyebutkan bahwa anggota yang ikut arisannya banyak tokeh-tokeh sehingga tidak perlu ada kecurigaan.

Karena adanya bujuk rayu, korban akhrirnya bersedia bergabung dan menyetorkan uangnya sebesar Rp30 juta.
Setelah uangnya disetor, lambat laun keberadaan uangnya tidak jelas. Merasa menjadi korban penipuan, akhirnya Lise membuat laporan pengaduan ke Polres Pematangsiantar dan selanjutnya diproses hukum.

Lise Manik menambahkan bahwa korban yang ditipu bulan hanya dirinya saja. Tapi ada temannya bernama Eva Andriana yang mengaku ditipu sebanyak Rp200 juta.

“Kalau menurut akulah, dengan perbuatannya itu, ya dihukum dengan hukuman yang berlaku di Indonesia saja lah. Supaya ada efek jera ke dia. Karena bukan hanya dia aja korbannya, masih banyak korban yang lain,” katanya.
(mag03)