News

Kontraktor di Simalungun Diimbau Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha

FaseBerita.ID –Kontraktor di Kabupaten Simalungun diminta melakukan registrasi ulang sertifikat badan usaha (SBU). Registrasi ulang SBU dan sertifikasi kompetensi kerja (SKT) jasa konstruksi wajib dilakukan oleh para kontraktor sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 30/SE/M2020. Registrasi wajib dilakukan melalui Asosiasi yang sudah teregistrasi.

Ketua DPC Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Kabupaten Simalungun Ade Farnan Saragih mengatakan, Askonas adalah salah satu asosiasi yang sudah diakreditasi oleh Kementerian PUPR.

“Proses perpanjangan SBU wajib mengikuti SE Menteri PUPR. Kepada SKPD Kabupaten Simalungun agar menolak SBU yang dikeluarkan oleh asosiasi yang belum terakreditasi secara nasional,”kata Ade Farnan.

Dijelaskan pria yang akrab dipanggil Bang Ade ini, registrasi ulang harus dilakukan pada Lembaga Sertifikat Profesi yang dibentuk Asosiasi profesi terakreditasi atau lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang teregistrasi, yang telah mendapat lisensi dari lembaga independen yang melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

Bang Ade menyarankan kepada seluruh pengusaha jasa konstruksi di Kabupaten Simalungun agar segera mengurus sertifikasi SBU ke DPC Askonas Kabupaten Simalungun melalui dengan cara datang langsung ke Kantor Askonas Simalungun jalan Pdt J Wismar Saragih No 124 Pematang Raya atau menghubungi kontak person 085275890655 (Boy Garingging) dan 085890515022 (Defi). (esa/fabe)