News

Kontak Erat dengan Pasien Covid, Belasan Warga Jalani 3T

ASAHAN, FaseBerita.ID – Polsek Pulau Raja Polres Asahan melaksanakan kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) terhadap 15 orang warga Dusun lV Desa Persatuan Kecamatan Pulau Rakyat karena telah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, Kamis (16/9).

Kepada wartawan, Kapolsek Pulau Raja AKP Maralidang Harahap menerangkan riwayat singkat perjalanan pasien. Dimana pada hari Minggu tanggal 12 September 2021 pasien berangkat ke Medan dan akan berangkat ke Kalimantan.

Kemudian, pada hari Senin tanggal 13 September 2021 sekira pukul 11.00 Wib, pasien melakukan test VCR di klinik Anugrah Medan sebagai persyaratan naik pesawat menuju Kalimantan. Namun, ternyata hasil dari tes VCR tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Dengan hasil VCR tersebut, selanjutnya pasien melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Desa Persatuan Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan.

Dari hasil tersebut pada hari Rabu tanggal 15 September 2021, tim medis Puskesmas Ofa Mahondang didampingi personil Polsek Pulau Raja melakukan kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) terhadap 15 orang yang kontak erat pasien.

“Dari ke-15 warga yang dilakukan 3T keseluruhan hasilnya negatif,” ucap AKP Maralidang Harahap.

Kapolsek Pulau Raja itu juga menerangkan, bahwa pelaksanaan giat 3T berjalan dengan baik dan kepada pasien Konfirmasi Positif Covid-19 disarankan untuk melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan dan untuk kontak erat pasien disarankan untuk karantina selama 5 hari kedepan serta untuk tetap mematuhi prokes.

Dalam kegiatan yang tetap mematuhi Protokol Kesehatan tersebut, tampak diikuti Kanit Intel Polsek Pulau Raja Ipda A. Lumban Tobing, Kapuskesmas Ofa Padang Mahondang bersama staf, Kepala Desa Persatuan Suganda, Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Raja Bripka A.Ridwan Siregar dan Petugas PPKM Desa Persatuan. (Per/fabe)