News

Komisi X DPR RI Kunker ke Danau Toba: Kepala Daerah Diajak Ciptakan Ekonomi Kreatif

FaseBerita.ID – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Danau Toba di Hall Pertemuan Hotel Inna, Jumat (13/2) . Kedatangan mereka untuk mengecek sejauh mana perkembangan Danau Toba setelah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN).

Ketua Tim yang juga Wakil Ketua di Komisi X, Sofyan Tan dan Johar Arifin mengatakan, sebagai super prioritas parawisata, Kepala Daerah se-Kawasan Danau Toba diharapkan dapat menghadirkan bentuk-bentuk atraksi yang menarik dan kelompok-kelompok ekonomi kreatif yang menunjang parawisata.

Dengan kucuran dana sebesar Rp4 triliun lebih diharapkan bisa menarik investor untuk masuk membangun Kawasan Danau Toba.

Johar Arifin mengharapkan peran serta kaum milenial dapat diajak duduk bersama mengembangkan ekonomi kreatif. Juga Kepala Daerah Kawasan Danau Toba duduk bersama generasi muda memunculkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

“Kaum muda yang biasa dipanggil kaum milenial bukan menjadi penonton saja karena banyak ide cemerlang untuk dunia kreatif,” kata Johan Arifin, legislator dari Sumut 3 Partai Gerindra.

Johar Arifin juga mengimbau pemda agar mempermudah perizinan buat investor yang mau berinvestasi di Kawasan Danau Toba.

Hal serupa disampaikan perwakilan Kementerian Parawisata Josua Simanjuntak berharap agar seluruh kepala Daerah se kawasan Danau Toba untuk menciptakan ekonomi kreatif yang menunjang parawisata Danau Toba.

Sementara Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu menyampaikan tentang Tao Silalahi, bagian dari Kawasan Danau Toba, yang hingga kini belum tersentuh pemerintah.

“Untuk mempercantik Tao Silalahi, kami mengharapkan perhatian dari BPODT dan Pusat,” kata Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu.

Dalam pertemuan tersebut, Sofyan Tan dan anggota lainnya sangat kecewa karena Bupati Simalungun JR Saragih, sebagai tuan rumah tidak hadir pada pertemuan itu.

Selanjutnya, Komisi X meminta agar masing-masing daerah menyiapkan data perkembangan dari program tersebut.

Dalam pertemuan tersebut hadir Putra Nababan, Desy Ratnasari Msi M Psi, Vanda Sarundajang, Andreas Hugo Pareira dan rekan-rekannya. Kemudian hadir juga Dirut BPODT Arie Prasetyo, Sekda Simalungun Mixnon Simamora, Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo Sik, Kapolsek Lumban Luju AKP Komando, dan lainnya.

Usai kunjungan itu, Komisi X DPR RI mengunjungi Dolok Sipiak untuk menyaksikan pertunjukan tor-tor Batak dan Museum Geopark Kaldera Toba di Open Stage Tigaraja untuk menyaksikan film terjadinya Danau Toba. (aos)