News

Kodim 0211/TT Serahkan Bibit Jagung Hibrida Kepada Petani

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Kodim 0211/TT melalui Babinsa Koramil 01/BRS bersama PPL Kecamatan Manduamas menyerahkan bantuan bibit jagung Hibrida kepada kelompok tani (Poktan) sekitar, Senin (5/8/2019). Bantuan diserahkan melalui Ketua Poktan, Salman Tumanggor (52) didampingi anggota Poktan Dusun I Laesalak Desa Laemonong.

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0211/TT yang diwakili oleh Kopda Ruswandi bersama wakil PPL Linda Tarihoran menyerahkan bibit jagung Hibrida sebanyak 140 karung.

Direncanakan sekitar awal bulan Agustus 2019 para petani sudah mulai melaksanakan masa pengolahan lahan dan di lanjutkan dengan penanaman bibit jagung.

Penyerahan bantuan bibit  jagung Hibrida merupakan salah satu bentuk dari kepedulian pemerintah daerah kepada para petani di Kecamatan Manduamas. Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi dan kemudahan bagi para petani.

Dalam sambutannya, Salman Tumanggor sekaligus yang mewakili masyarakat mengatakan, pembentukan Poktan pertama kali atas saran TNI yang bekerjasama dengan pihak PPL. Sehingga, kerjasama masyarakat dan TNI terus terjalin.

“Sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah khususnya bidang Pertanian dan begitu juga kepada personil Koramil 01/Brs beserta PPL setempat. Yang mana telah saling berkoordinasi dan bekerja sama, sehingga sampai dengan saat ini, kami semua masyarakat pertanian kecil masih diperhatikan dan diberikan saran ataupun usulan kepada kami untuk membentuk Poktan penanaman jagung Hibrida,” kata Salman.

Harapannya, bibir yang mereka terima dapat menuai hasil yang baik, demi kelangsungan hidup.petani dan keluarga.

“Dan semoga bibit jagung Hibrida yang kami terima ini dapat memberikan hasil panen yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PPL Kecamatan Manduamas menghimbau kepada petani agar memanfaatkan bantuan bibit tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan bantuan yang sudah di berikan dari Pemerintah Kabupaten Tapteng khususnya dari dinas Pertanian dengan semaksimal mungkin. Sehingga hasil untuk kedepannya juga lebih baik. Saya bersama Babinsa akan selalu mendampingi secara langsung ke lapangan untuk melihat penggunaan bibit jagung ini,” katanya.

Senada Danramil 01/Barus Kapten Inf. Syahrial juga mengatakan bahwa penyerahan bantuan bibit jagung merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada petani. Dan Koramil akan selalu mendukung dan mendampingi setiap petani di wilayah tugas mereka.

Ditimpali Kopda Ruswandi selaku Babinsa setempat, mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjalin kekompakan. Sehingga, kesuksesan bertani jagung Hibrida dapat dirasakan bersama.

“Kita semua harus selalu tetap kompak dan saling komunikasi. Serta menjaga Ketaqwaan dan Keimanan kepada Allah SWT. Sehingga kita semua dapat diberikan kesehatan. Semoga hasil dari pada bibit jagung Hibrida tersebut sempurna sesuai dengan harapan kita semua. Semoga Poktan ini nantinya dapat menjadikan contoh yang terbaik dalam penanaman maupun hasil panennya,” pungkasnya. (ts/osi)

USI