News

Kodim 0211/TT Gelar TMMD “Pengabdian Untuk Negeri”

FaseBerita.ID – Kodim 0211/TT menggelar pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020 di wilayah Kodim. Acara pembukaan berlangsung Selasa (30/6) di ruang data Makodim 0211/TT Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Aek Muara Pinang, Sibolga Selatan, yang dibuka Bupati Tapanuli Tengah Bahktiar Ahmad Sibarani.

Pelaksanaan TMMD yang mengambil tema pengabdian untuk negeri untuk pembukaan jalan desa dari Desa Siantar CA Hutabaringin menuju Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong, Tapanuli Tengah. Pembukaan badan jalan baru sepanjang 3.900 M x lebar 8 M. Rehabilitasi jalan sepanjang 1.650 M x 8 M dan pembuatan jembatan sementara 7 unit.

Pembukaan pelaksanaan TMMD di Tapanuli Tengah, ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima program TMMD ke-108 tahun 2020 oleh Dansatgas dan Bupati Tapanuli Tengah dilanjutkan dengan Penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-108 tahun 2020 oleh Bupati Tapteng Kepada Dansatgas.

DanSatgas TMMD Letkol Inf Dadang Alex SSos dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan TMMD adalah Sebagai wujud kepedulian Kodim 0211/TT dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat meliputi bidang fisik dan non fisik maupun membantu percepatan pembangunan dan terwujudnya sasaran-sasaran Binter guna memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat di wilayah Kodim 0211/TT untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat.

“Sasarannya meningkatnya kesejahteraan masyarakat di wilayah terisolir, dengan terbukanya jalan yang menghubungkan Desa Baringin menuju Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong, Tapanuli Tengah. Terselenggaranya peran tugas TNI AD dalam membantu pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mampu hidup secara mandiri dan berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat madani dalam percepatan pembangunan serta meningkatkan interaksi, kontribusi dan kepercayaan antara masyarakat dan TNI saat ini dalam rangka mengoptimalkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat membuka pelaksanaan TMMD memohon izin selaku Bupati Tapanuli Tengah hadir untuk menandatangani pekerjaan dalam rangka TMMD ke-108 tahun 2020 di Desa Siantar CA Kecamatan Sosorgadong, Tapteng.

“Kami telah melakukan peninjauan jalan pembangunan dari Jalan Pasaribu Tobing menuju Sosorgadong. Jadi target kita di tahun 2020 sudah menyambung kolektif antara Sosorgadong dengan Pasaribu Tobing yang dulunya sepedamotor tidak bisa lewat hanya separuh jalan, dan sekarang sudah dibuka 1,7 Km di tahun lalu dan kini 3,7 Km, sebenarnya kalau tidak ada Covid-19 dipastikan sudah hampir selesai,” jelas bupati.

Lanjut dia, dengan adanya lokasi umum yang diberikan oleh pemerintah pusat yang ditransfer dari pusat daerah seluruh Indonesia dipotong hampir 50 persen, sehingga kegiatan yang dimaksud ditetapkan 50 persen jadi kenapa? karena itu memang sangat kebutuhan masyarakat di sana.

“Kami merasa bangga kepada bapak Dandim 0211/TT dan jajaran atas kerjasama yang baik selama ini. Dan untuk yang akan datang agar dipertahankan, saya berharap agar nantinya program ini di tahun 2021 bisa ditampung dari anggaran APBD dan di tahun 2021 bisa dituntaskan karena kita suplai di tahun 2022 bisa kita ajukan menjadi jalan hotmix dari Pasaributobing sampai dengan ke atas,” terangnya.

Lanjut bupati, pemerintah sudah sertifikatkan tanah masyarakat kurang lebih 2.000 KK masing-masing dua hektar yang menjadi plasma oleh pengusaha, dan pengusaha sudah bantu modal usaha desa 1 miliar saat dirinya masih baru menjadi bupati. Dirinya berharap agar kedepan masyarakat bisa memiliki income untuk penghasilan kebutuhan mereka sehari-hari. (mis)

USI