News

Khabib Nurmagomedov Pensiun dari UFC

FaseBerita.ID – Khabib Nurmagomedov kalahkan Justin Gaethje dan mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC. Kini, ‘The Eagle’ pun pensiun dari dunia tarung bebas.

UFC 254 menyajikan Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje pada Minggu, 25 Oktober dini hari WIB di Fight Island, Abu Dhabi. Khabib ‘The Eagle’ pemegang sabuk juara kelas ringan bakal coba mempertahankan titel itu dari Justin ‘The Highlight’ selaku juara interm kelas ringannya.

Khabib Nurmagomedov cuma butuh dua ronde dari lima ronde pertandingan. Petarung asal Dagestan itu melakukan triangle choke ke Justin!

Khabib Nurmagomedov makin mengukuhkan diri sebagai juara kelas ringan UFC. Tak cuma itu, rekor kemenangannya bertambah dan tak ternoda, 29-0.

Setelahnya, perasaan Khabib Nurmagomedov campuk aduk. Dirinya tentu senang bukan main, tapi lain sisi dirinya tak mampu membendung air mata karena kali ini Khabib bertarung tanpa adanya kehadiran sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov.

Bahkan, Khabib juga mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Dia pensiun dari UFC! “Hari ini saya katakan, saya pensiun dari UFC,” ujar Khabib.

“Setelah ayah saya meninggal, ibu saya bilang untuk tidak bertarung lagi. Saya bilang kepadanya, bahwa ini akan menjadi pertandingan terakhir. Saya harus memegang janji saya,” lanjutnya.

Khabib Nurmagomedov banyak mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan timnya. Dia pun berharap, UFC menjadikannya sebagai petarung terbaik sepanjang masa.

“Saya rasa saya pantas mendapat gelar petarung pound-for-pound terbaik dan tak terkalahkan sepanjang masa dari UFC. Saya pantas mendapatkannya,” kata Khabib.

“Ini adalah akhir karier saya,” tutupnya lalu meninggalkan sarung tangan UFC-nya di kanvas.

McGregor Ucapkan Selamat

Khabib Nurmagomedov menang atas Justin Gaethje di UFC 254. Rivalnya, Conor McGregor mengucapkan selamat kepada ‘The Eagle’.

UFC 254 Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje berlangsung pada Minggu, 25 Oktober dini hari di Fight Island, Abu Dhabi. Khabib ‘The Eagle’ pemegang sabuk juara kelas ringan bakal coba mempertahankan titel itu dari Justin ‘The Highlight’ selaku juara interm kelas ringannya.

Ronde pertama, Khabib Nurmagomedov meladeni pertarungan atas Justin Gaethje. Tapi di ronde kedua, Khabib mampu menekan Justin dan memberinya triangle choke.

Leher Justin terkunci, dirinya menyerah. Khabib kembali menang dan menyempurnakan rekornya 29-0!

Conor McGregor, mantan petarung UFC ikut memuji Khabib Nurmagomedov. Dia pun menyebut, turut berduka cita atas mendiang ayahnya Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov.

“Pertarungan yang bagus, Saya akan melanjutkan. Hormat dan duka cita untuk ayahmu. Untuk Anda dan keluarga. Hormat saya, The McGregors,” cuit Conor McGregor di Twitter pribadinya.

Tahun 2018 di UFC 229, Conor McGregor menghadapi Khabib Nurmagomedov. McGregor sebagai pemegang sabuk interm kelas ringan menantang Khabib si pemegang sabuk juara kelas ringan.

Pertarungan mereka penuh drama. Dari Khabib yang tegas ke temannya McGregor karena memakinya, sampai McGregor menyerang bus yang ditumpangi Khabib di New York.

Belum selesai, McGregor juga sampai menghina keluarga sampai agama Khabib. Di dalam octagon, McGregor dihabisi dan dihajar berkali-kali hingga dikunci lehernya di ronde keempat dan menyerah.

Khabib lantas lompat keluar octagon dan menyerang timnya McGregor yang memanas-manasi selama pertandingan. Beberapa teman Khabib juga masuk ke octagon menghajar McGregor. Ricuh!

Bahkan hingga kini, tensi keduanya masih tinggi. Conor McGregor mau ajak tanding ulang, tapi Khabib Nurmagomedov selalu menolak. Lagi-lagi, Khabib dikatai pengecut.

“Buat apa saya bertarung dengannya. Saya di UFC mau meraih gelar juara, bukan uang,” kata Khabib suatu waktu seperti dilansir ESPN.

Para netizen pun ada yang respek dan ada yang nyinyir perihal postingan Twitter Conor McGregor yang menyelamati Khabib. Ada yang bilang McGregor telah berubah dan menghormati Khabib, ada juga yang bilang kalau ucapan McGregor itu palsu demi mencari sensasi.

Conor McGregor sendiri disebut-sebut siap kembali ke UFC. Walau sudah, tiga kali dilakukannya dalam tiga tahun terakhir. (dc/int)

iklan usi