News

Ketua DPRD Sumut Minta Kapolda dan Pangdam Usut Penyebab Banjir Longsor di Parapat

PARAPAT, FaseBerita.ID – Bencana banjir bandang akibat meluap sungai Batu Gaga Parapat dan longsor di Dusun Sualan menjadi perhatian serius Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting.

Hal ini disampaikan Baskami Ginting ketika menyampaikan bantuan kepada warga korban banjir di Kantor Camat Girsang Sipangan Bolon, Selasa (18/5/2021).

“Sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara saya akan telusuri penyebab banjir bandang karena kota Parapat aset berharga dan bagian dari kawasan Danau Toba. Kita harus melihat Parapat ini indah,”ujar Baskami Ginting

Kejadian ini jangan terulang kembali di Parapat, dan sebagai Ketua DPRD Sumut, meminta Kapolda dan Pangdam menyelidiki penyebab banjir dan longsor apakah karena perambahan hutan atau ada penyebab yang lain tambahnya.

Masalah perambahan hutan di Sitahoan dan Sibatuloting, Ketua DPRD akan meminta ke Kapolda untuk turun ke lokasi untuk memeriksa apa yang terjadi.

“Meminta Kapolda untuk turun ke lokasi Sitahoan dan Sibatuloting apakah ada yang merambah hutan secara ilegal untuk kepentingan pribadi untuk ditangkap kita tidak mau bencana alam ini berulang kembali,” tegas Politisi PDI Perjuangan ini.

“Siapapun pelaku perambah hutan baik yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun ataupun yang baru bila ilegal harus dipertanggung jawabkan dan Dinas Kehutanan agar lebih selektif mengeluarkan ijin ataupun SKT,” kata Baskami.

Diharapkan agar masyarakat menjaga lingkungan dan melaporkan kepada kepolisian, Dinas Kehutanan bila terjadi perambahan hutan dan kita harus jaga benar untuk kebaikan kita bersama harapnya.(aos/fabe)

USI