News

Ketangkap Nyuri HP Bidan, Buruh Bangunan Digelandang Warga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Warga sekitar Rumah Sakit Umum FL Tobing berbondong-bondong menggelandang seorang pria ke kantor polisi, Rabu (17/7/2019) lalu sekira pukul 03.00 WIB. Setelah pria yang diketahui berinisial R (26) tersebut ketangkap basah mencuri HP milik seorang bidan bernama Marissa Ekayanti Panjaitan (30) dari salah satu ruangan rumah sakit.

Menurut Marissa dalam laporannya kepada polisi, saat itu dia sedang bertugas malam. Karena waktu sudah subuh, dia pun mencoba merehatkan tubuhnya di salah satu ruangan layanan medis tersebut, sambil meletakkan HP Samsung tipe J5 miliknya di dekat kepalanya.

“Saat mau istirahat, dia meletakkan HP-nya dekat kepalanya,” kata Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Senin (22/7/2019).

Tiba-tiba, Marissa terbangun dan melihat pelaku telah mengambil HP-nya dan berusaha hendak kabur. Sontak, Marissa pun menjerit minta tolong. “Dalam hal ini, Marissa dirugikan Rp2.900.000,” ungkapnya.

Mendengar jeritan Marissa, warga sekitar pun langsung berdatangan mencari tahu penyebab Marissa menjerit dan berhasil menangkap pelaku. Pelaku kemudian digelandang warga didampingi Marissa ke Mapolres Sibolga. “Setelah diamankan masyarakat, lalu diserahkan ke kita,” pungkasnya.

Dalam keterangannya kepada polisi, warga Jalan Sibolga-Barus KM 8 desa Unte Mungkur IV, Tapteng tersebut mengakui kalau malam itu, dia sudah berniat untuk mencuri di kantor layanan Kesehatan tersebut. Setelah melalui pagar depan, dia langsung masuk kedalan ruangan dan melihat ada HP yang terletak disamping pemiliknya.

Saat itu, dia menyangka kalau pemilik HP telah tertidur lelap dan langsung mengambil HP tersebut. Saat hendak membawa kabur, pemilik terbangun dan langsung menjerit. Karena sudah ketahuan, pelaku lantas berusaha kabur, namun keburu ketangkap oleh warga.

“Masuk dari pintu gerbang, lalu masuk ke ruangan dan melihat 1 unit hp merk Samsung warna hitam terletak dekat kepala seorang perempuan. Dia menduga bahwa si pemilik barang sudah lelap tidurnya. Setelah HP diambil, si perempuan terbangun dan menjerit, maling, maling. Sehingga dia takut dan melarikan diri. Namun sekitar 50 meter dari tempat itu, tersangka dapat diamankan masyarakat. Kemudian, diserahkan ke Polres Sibolga,” terang Sormin.

Tersangka kini ditahan di RTP Polres Sibolga. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 Subsider pasal 362, dari KUHPidana. Dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun. (ts)