News

Kena Kabel Listrik Saat Tebang Bambu, Listrik Padam di 4 Kecamatan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Seorang warga Sidomulyo, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, tersengat listrik saat menebang bambu, Kamis (18/7/2019). Akibat kejadian itu terjadi gangguan aliran listrik menjadi padam di sejumlah desa/kelurahan di 4 Kecamatan.

Walaupun aliran listrik menjadi padam, namun Beruntung warga yang tidak diketahui identitasnya itu tidak mengalami luka serius. Hanya saja celananya sempat terbakar akibat sengatan listrik.

Informasi yang berhasil dihimpun New Tapanuli, kejadian tersebut diketahui setelah petugas kantor jaga PLN di Kecamatan Pinangsori mencari tahu penyebab terjadinya gangguan listrik di daerah itu. Petugas akhirnya menemukan seorang warga yang sedang menebang bambu yang menyentuh kabel listrik tegangan tinggi di Sidomulyo.

“Warga itu mengaku tidak tahu apa akibatnya jika bambu yang dia tebang menyentuh kabel listrik tegangan menengah. Penebang bambu itu melihat api berwarna biru menjalar sangat cepat di bambu yang menyentuh kabel. Beruntung saat itu dia pakai sepatu, sehingga sengatan listrik tidak terlalu membahayakan dirinya. Hanya celananya yang sempat terbakar,” kata Martin Manalu, Petugas Pelayanan Teknik ULP PLN Sibolga Kota kepada wartawan, Jumat, (19/7/2019) di Sibolga.

Martin menyebut, akibat penebangan bambu yang menyentuh kabel listrik tegangan menengah itu, aliran listrik menjadi padam di 24 Desa/Kelurahan, mulai dari Muara Nibung Kecamatan Pandan sampai Anggoli Kecamatan Sibabangun.

“Oleh karena itu kita menghimbau kepada masyarakat yang akan menebang pohon yang dekat dengan kabel listrik supaya berkoordinasi kepada petugas PLN jika mau memotong kayu atau apapun yang bisa menyentuh kabel listrik, agar PLN dapat memadamkan aliran listrik,” jelasnya.

Menurutnya, setidaknya pihak PLN dapat mengawasi penebangan pohon tersebut. Dan apabila berbahaya diperkirakan dapat menyentuh kabel, maka akan dipadamkan aliran listriknya demi menghindari bahaya. (mis)

iklan usi