News

Kementerian PUPR Realisasikan Pembangunan Irigasi di Siandorandor

TAPUT, FaseBerita.ID – Desa Siandorandor, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menerima bantuan pembangunan saluran irigasi pertanian dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Balai Wilayah Sungai Sumatra II Satuan Kerja Operasi dan pemeliharaan SDA Sumatra II.

Hal itu dikatakan Sanggam Hutapea, Kepala Desa Siandor-andor. Bantuan irigasi itu diterima setelah pihaknya menyampaikan proposal kepada Kementeian melalui Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara pada tahun 2018, lalu.

“Dan pada tahun ini permohonan tersebut telah terealisasi. Sekarang pembangunan irigasi dalam tahap pengerjaan,” terangnya, Senin (16/9/2019).

Lebih jauh ia katakan, pembangunan irigasi itu sejatinya dapat dialokasikan dari anggaran dana desa yang diterima oleh desa tersebut. Namun karena adanya programĀ  Kementrian untuk pembangunan irigasi persawahan, maka pihaknya pun menyampaikan usulan itu.

“Artinya dana untuk pembangunan irigasi ini tak harus kita keluarkan dari dana desa. Sehingga bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur lainnya. Masyarakat juga senang. Karena selain irigasinya bagus, masyarakat juga terberdayakan. Karena masyarakat melalui kelompok perkumpulan petani pemakai airĀ  yang mengerjakan pelaksanaan pembangunanĀ  irigasi tersebut,” kata Sanggam

Ia menerangkan, dana untuk pembangunan irigasi itu sebesar Rp195 juta.

“Irigasi itu nantinya dapat mengairi lahan pertanian seluas 8 hektare. Sebelumnya mereka menggunakan irigasi alam yang bisa jebol sewaktu waktu jika curah hujan tinggi,” ucapnya. (as/osi)