News

Kementerian BUMN Resmikan Gedung 8 Lantai di Batubara

FaseBerita.ID – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menggelar resepsi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 sekaligus peresmian gedung 8 lantai yang pertama di Kabupaten Batubara secara fisik dan virtual di Ballroom Kantor Utama Inalum Kuala Tanjung, Rabu (6/1).

Acara yang dihadiri sekitar 60 orang secara fisik dan sekitar 700 orang secara virtual ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan diwarnai pemberian santunan secara simbolis kepada 145 anak yatim serta peresmian gedung sekaligus penandatanganan prasasti gedung secara virtual oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

“Diharapkan dengan adanya gedung baru ini dapat mendukung operasional Inalum untuk menjadi pabrik peleburan aluminium terdepan, meningkatkan kapasitas produksi dan menjadi referensi pasar aluminium dunia,” terang Pahala Nugraha Mansury dalam sambutannya mewakili Menteri BUMN.

Lebih lanjut Pahala menambahkan, dirinya percaya saat ini Inalum berada di tangan dan jalur yang tepat untuk menjadi pabrik peleburan aluminium terdepan dengan berlandaskan nilai-nilai AKHLAK.

“Diharapkan Inalum mampu menjalankan operasionalnya dengan nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) untuk memberikan yang terbaik bagi negeri dan masyarakat,” tuturnya.

Selain nilai AKHLAK, Inalum juga senantiasa mengamalkan key behaviour yaitu Agile, Going Extra Mile dan Accountable serta nilai-nilai ProsPeKTIF (Profesional, Pengembangan, Kerjasama, Tanggung Jawab, Integritas dan Faedah). Nilai-nilai ini ditampilkan oleh Inalum pada acara tersebut melalui mapping dance yang memanjakan mata para peserta.

Pada kesempatan tersebut beberapa pejabat daerah seperti Gubernur Sumatera Utara, Pangdam I Bukit Barisan, Kapolda Sumatera Utara, dan pemangku kepentingan strategis lainnya menyampaikan harapan mereka melalui video testimoni singkat. Tidak ketinggalan Komisaris Utama Inalum, Agus Tjahajana Wirakusumah pada kesempatan yang sama secara virtual menyampaikan harapannya agar di usia yang ke-45 Inalum dapat terus berkembang.

“Empat setengah dasawarsa bukan perjalanan yang mudah, tantangan akan terus bertambah namun Inalum harus tetap mampu melewati tantangan di masa kini dan masa yang akan datang. Dengan adanya gedung baru ini diharapkan menjadi salah satu milestone Inalum untuk lebih maju ke depannya,” harap Agus.

Lebih lanjut Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak yang hadir secara virtual juga menegaskan bahwa Inalum harus dapat terus melakukan ekspansi usaha demi mengejar visi perusahaan.

“Melalui tema Akselerasi Transformasi dan Ekspansi di HUT ke-45 ini, harapannya di tengah situasi sulit pandemi Covid-19 sekalipun Inalum harus terus bergerak cepat dan melakukan ekspansi usaha,” tutur Orias.

Pada HUT ke-45 ini, Inalum memiliki target jangka panjang yang harus dicapai pada tahun 2030. Hal ini juga diutarakan oleh Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih dalam sambutannya. “Inalum sangat berambisi untuk dapat mengembangkan sayapnya menjadi perusahaan besar berbasis Aluminium yang terintegrasi dengan kapasitas produksi aluminium menjadi sekitar 1,3 juta ton Aluminium per tahun di tahun 2030,” ujar Oggy.

Tidak hanya harapan, Inalum juga turut mendapatkan apresiasi dari para pemangku kepentingan, termasuk Bupati Batubara H Zahir yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap Inalum di usia yang ke-45.

“Di usia yang cukup matang, Inalum telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan daerah dan nasional. Batubara tidak dapat sebesar ini tanpa adanya Inalum,” ungkap Zahir.

Rangkaian resepsi peringatan HUT ke-45 juga disemarakkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan secara live di 9 lokasi kerja serta penampilan mapping dance dan hiburan interaktif dari karyawan dan band Inalum.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Inalum juga menampilkan beberapa nominasi pemenang kompetisi foto, video, Inalum Star dan lomba kebersihan yang sebelumnya telah dilaksanakan secara virtual pada tanggal 1-21 Desember 2020. Lebih lanjut pada kesempatan tersebut juga diumumkan bahwa event Inalum Virtual Charity Sports telah dilaksanakan pada tanggal 16-31 Desember 2020 dan diikuti oleh sekitar 4.000 peserta. (*)