News

Kelompok Tani Sariah Talun Kahombu Panen Bahapal Raya Jagung di Lahan Kolektif

RAYA, FaseBerita.ID – Kelompok Tani Sariah Dusun Talun Kahombu, Nagori Bahapal Raya Kecamatan Raya, melakukan panen jagung bersama di lahan kolektif, Kamis (2/9/2021). Panen kali ini cukup memuaskan anggota kelompok, karena kualitas dan kuantitasnya meningkat.

Ketua Kelompok Tani Sariah Jadearman Saragih merasa bangga karena hingga pada saat ini kelompok tani yang dipimpinya dapat berjalan dengan baik  dan selalu solid dalam setiap kegiatan kelompok.

“Kelompok tani ini adalah wadah resmi kita untuk saling bertukar informasi, dalam pengembangan pertanian. Tentunya bimbingan dari penyuluh, PPL dan bantuan fasilitas dari pemerintah juga sangat membantu berhasilnya panen kali ini,” kata Jadearman.

Dalam acara panen jagung kelompok tani ini, hadir Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Nagori Bahapal Raya  Hordear Saragih dan Tim Penyuluh Kecamatan Raya  serta Pengurus Gapoktan Nagori Bahapal Raya dan beberapa  mitra kelompok tani.

Disela panen pengurus kelompok tani mengadakan syukuran makan bersama sekaligus bincang bincang tentang kegiatan kelompok tani ke depan sekaligus berdiskusi dan dorongan motivasi dari para undangan pada kelompok agar tetap meningkatkan kegiatan kelompok tani dan membina kerja sama untuk peningkatan kemampuan kelompok.

Pada saat diskusi ketua kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi dan membina kelompok tani, hingga bisa sampai seperti pada saat ini.

“Kami siap mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah maupun pusat demi peningkatan pendapatan petani,” katanya.

Penyuluh Pertanian Lapangan Hordear Saragih dalam kesempatannitu menyampaikan  agar Kelompok Tani Sariah ini bisa menjadi bapak angkat bagi angotanya terlebih dari segi permodalan maupun pemasaran hasil taninya.

“Kondisi petani kebanyakan terkendala dalam permodalan. Tentunya ke depan diharapkan kelompok tani dapat menjadi fasilitator modal, agar seluruh anggota tetap berkesempatan berusaha walau modalnya terbatas,”katanya.(rel/fabe)