News

Kelelahan, 2 Petugas KPPS Kecelakaan saat Antar Kotak Suara

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menerima laporan adanya dua orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang kecelakaan lalu lintas saat mengantar kotak suara.

Keduanya dipastikan menerima asuransi karena telah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Yang sakit ada dua orang di Condongcatur, karena kecelakaan dalam kerja,” kata Ketua Divisi Hukum KPU Sleman, Ahmad Baehaqi ditemui wartawan di kantornya, Senin (22/4).

“Keduanya sedang mengantar kotak suara ke kecamatan. Kondisinya luka-luka dan informasi terkini rawat inap di rumah sakit,” jelasnya.

Ahmad belum mengetahui persis kronologi dan pemicu kecelakaan tersebut. Namun dia menduga karena faktor kelelahan yang membuat konsentrasi berkurang. “Kemungkinan lelah, mengantuk saat berkendara,” ujarnya.

“Persoalan di lapangan ini yang dihadapi KPPS, tentunya menjadi evaluasi kami ke depan. Proses Pemilu kompleks persoalannya, rumit, jadi ini masuk daftar inventaris masalah yang kami sampaikan ke KPU RI,” sambungnya.

Ahmad menambahkan, anggota KPPS di Sleman telah didaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga dua petugas KPPS yang kecelakaan itu dipastikan mendapatkan santunan karena masuk kategori kecelakaan dalam bekerja.

“Sudah didaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya. Sedangkan satu ketua KPPS di Sleman yang meninggal diduga karena bunuh diri, Ahmad belum bersedia memberikan komentarnya. (dtc/fid)

iklan usi