News

Kehadiran Pegawai di Pemko Sibolga Capai 99,27 Persen

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Hari pertama Masuk kerja pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menggelar Sidak ke beberapa OPD yang ada di lingkungan Pemko Sibolga, Senin (10/6/2019).

Sidak itu sendiri dibagi beberapa kelompok yakni Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk bersama sejumlah pimpinan OPD melakukan sidak ke Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perumahan Kawasan Pemukinan dan Lingkungan Hidup, Kantor Kecamatan Sibolga Selatan, PDAM Tirta Nauli Sibolga dan DPRD Sibolga.

Sementara itu Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang melakukan sidak ke Kantor Kecamatan Sibolga Kota, Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Inspektorat, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sedangkan Sekda Yusuf Batubara sidak ke Kantor Kecamatan Sibolga Utara, Kecamatan Sibolga Selatan, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja, dan Puskesmas Aek Habil.

Sementara itu para staf ahli, Asisten dan Pimpinan OPD, juga ditugaskan sidak ke kantor lainnya, sehingga tidak satupun OPD dan bahkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang luput dari sidak yang dilaksanakan.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk usai sidak mengatakan, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga pasca libur lebaran tahun 2019 cukup baik.

“Berdasarkan data rekap absensi ASN dan THL di Kantor Walikota Sibolga dan seluruh perkantoran yang mengikuti apel perdana pasca cuti bersama hasilnya mencapai 99,27 persen,” kata Syarfi Hutauruk.

Syarfi menyatakan, pihaknya akan melaporkan hasil absensi itu ke pihak Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sesuai dengan surat edaran yang dilayangkan pihak Kementerian terkait soal kehadiran pasca cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah. “Kita menunggu laporan hasil pemeriksaan (LHP) untuk kemudian dilaporkan ke Kementerian,” tegasnya.

Menurutnya, sidak bersama yang dilakukan ini juga guna menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia. “Tujuannya agar para ASN tidak ada yang bolos usai menjalani libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah,” ujarnya.

Sedangkan untuk pegawai yang tidak hadir, sambung Syarfi, dikarenakan ada yang mengambil cuti, izin dan sakit yang dilengkapi surat keterangan. “10 hari libur lebaran yang diberikan pemerintah, betul-betul sangat dimanfaatkan oleh pegawai, dan ini telah kita himbau kepada pegawai sebelum mereka libur,” imbuhnya.

Syarfi mengatakan, untuk pelayanan kepada masyarakat di seluruh perkantoran juga sudah berjalan cukup baik di hari pertama masuk kerja. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh ASN dan Honorer yang hadir, meski masih letih karena baru selesai liburan, dengan kehadiran seluruh ASN dan Honorer pelayanan berjalan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang juga memimpin apel pagi di kantor Walikota Sibolga dan menutup sidak di masing-masing instansi, ASN dan Honorer dan Walikota Sibolga dan jajarannya saling berjabat tangan mempererat silaturahmi. (rb)