News

Keberagaman Gender di Tambang Emas Martabe Aspirasi untuk Inspirasi

TAPSEL, FaseBerita.ID – PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe sejak 2016, pada perayaan Hari Kartini telah menerapkan inisiatif keberagaman gender.

Penerapan inisiatif tersebut merupakan salahsatu bentuk komitmen perusahaan terhadap praktik pertambangan berkelanjutan. Adapun, dunia pertambangan sangat identik sebagai dunia kerja laki-laki.

Tambang Emas Martabe meyakini keberagaman gender akan meningkatkan kekuatan dan kinerja perusahaan melalui keberagaman ide pengembangan, pemecahan masalah dan inovasi. Tambang Emas Martabe ingin menjadi salah satu perusahaan pertambangan terdepan dalam penerapan keberagaman gender di Indonesia.

Dalam implementasinya, Tambang Emas Martabe tak hanya memberikan kesempatan kerja bagi perempuan, tetapi juga kesamaan hak dan memastikan lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung keberagaman gender.

Di antaranya adalah dengan mengembangkan kapasitan karyawan perempuan dan menambah berbagai fasilitas dan infrastruktur, hingga menerbitkan berbagai ketentuan dan kebijakan di lingkungan tempat kerja.

Selama dua tahun penerapannya, perusahaan telah menuai banyak umpan balik positif yang dirasakan baik oleh karyawan maupun perwakilan manajemen dari berbagai departemen hingga kontraktor. Dalam FDG Kartini Now; Melek Teknologi pada Kamis (25/4) kemarin, para karyawan bercerita tentang aspirasi yang akan menjadi insipirasi karyawan perempuan.

Senior Manager Mining, Rahmat Lubis menerangkan, keberagaman gender yang diterapkan di Tambang Emas Martabe memberikan banyak dampak positif terutama terhadap kinerja operasional. Karena katanya, dunia pertambangan tak hanya identik dengan pekerjaan fisik dan karyawan laki-laki, tapi juga pekerjaan yang membutuhkan strategi, daya tahan serta ketelitian yang merupakan keunggulan para karyawan perempuan.

“Lingkungan kerja yang terbentuk di Tambang Emas Martabe pun ramah gender. Berbagai fasilitas terus menerus kami sediakan untuk menunjang kinerja para karyawan perempuan. Komitmen terus diperkuat tak hanya internal PT Agincourt Resources, tapi juga kontraktor. Saat ini misalnya untuk driver ADT 60 persen merupakan perempuan dan sudah berkeluarga,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya