News

Kasek SMPN 1 Dolok Silau Ditahan, Diduga Korupsi Dana BOS Afirmasi

SIMALUNGUN,FaseBerita.ID– Kepala SMP Negeri I Dolok Silau Kabupaten Simalungun ditahan oleh Kejaksaan Negeri Simalungun, Selasa (5/10). Harles Sianturi (HS), diduga melakukan korupsi dana BOS afirmasi tahun 2019 sebesar Rp214 Juta.

Kajari Simalungun Bobi Sandri SH MH kepada wartawan  didampingi Kasi Pidsus Asor Olodaiv Siagian SH MH, Kasi Intel Ratno Pasaribu, SH didampingi tim jaksa Juna SH dan Ronal SH mengatakan, tersangka sebelumnya sudah dilakukan pemanggilan tiga kali, tak datang dengan alasan sakit.

Ketika dilakukan pemeriksaan di kejaksaan bahwa HS sehat dan dilakukan penahanan oleh Kejaksaan Negeri Simalungun.

Bahwa setelah dilakukan pemeriksaan audit penghitungan Negara kerugian dana sebesar 214 juta. Ketika dilakukan pemeriksaan bahwa pengakuan dari tersangka HS dana tersebut digunakan untuk kebutuhan pribadinya.

“HS ditahan dan tahapanya masih penyidikan kita akan menahan selama 20 hari di Polsek Bangun dan untuk sementara, akan dipindah ke lapas. Akibat perbuatan dari HS bahwa pasal yang diterapkan kepadanya pasal 2 (1) atau pasal 3 Jo pasal 18 UU No.31/1999 tentang korupsi,” katanya.

Tersangka langsung dibawa menggunakan mobil, HS tak ada memberikan komentar terkait penahan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Simalungun.(ros/fabe)