News

KASAD Respon Persoalan Teguh Syahputra Ginting, Minta Perusahaan Tunaikan Kewajiban

Beri Bantuan Tangan Palsu

JAKARTA, FaseBerita.ID-Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menemui Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar Angkatan Darat (MABES AD) di Jakarta.

Edwin mengatakan pada Kamis, (24/6/2021), Kasad langsung merespon sejumlah pokok persoalan yang disampaikan para pimpinan LPSK. Misalnya, terkait penegakan hukum, KASAD langsung memerintahkan jajarannya yang hadir dalam pertemuan untuk menindak tegas anggota TNI AD yang terbukti bersalah.

Tak hanya itu ia mengatakan, bila perlu, anggota TNI AD yang terbukti bersalah dapat ditindak dengan pemecatan. Untuk itu KASAD meminta agar proses hukumnya dipastikan berjalan dengan benar.

Kemudian terkait pemulihan korban, khususnya dalam perkara Teguh Syahputra Ginting, KASAD mendesak perusahaan tempat anak tersebut bekerja untuk menunaikan kewajibannya kepada korban. KASAD juga menyatakan kesiapannya untuk membantu menyiapkan tangan palsu melalui RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

“Bahkan terkait dengan keberlangsungan hidup dan pendidikan korban, KASAD juga akan membantu korban untuk melanjutkan kuliah, serta mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterbatasan korban saat ini” ujar Edwin.

Edwin mengatakan langkah dan upaya yang dilakukan oleh KASAD dalam membantu pemulihan hak korban serta penegakan proses hukum bagi anggotanya yang terbukti bersalah patut mendapatkan apresiasi dan diacungi jempol.

Sebelumnya KASAD juga sangat responsif terkait sejumlah perkara yang dilaporkan LPSK yang berhubungan dengan institusinya. Beberapa kasus di antaranya seperti kasus penyerangan Mapolsek Ciracas, kasus kekerasan terhadap perempuan di kantor Kodim Batang, Jawa Tengah dan beberapa kasus lainnya.(rel/fabe)