News

Kapolsek Tinjau Persiapan Kampung Tangguh Covid-19

PALUTA, FaseBerita.ID- Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar SH MH tinjau persiapan Kampung Tangguh Covid-19 di Desa Batang Pane II, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (24/6).

Turut mendampingi Danramil 05/ PB Kapten (INF) Misran Dalimunthe, Camat Halongonan Timur Muzni Lelo Halomoan Harahap SSTP, Kanit Sabhara Iptu Harun Manurung SH, Kanit Intel Ipda Aswin Manurung, Kanit Lantas Ipda Banik beserta anggota Polsek Padang Bolak dan Koramil 05/PB.

Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar SH MH menyampaikan tujuan kehadirannya dalam rangka mencek kesiapan kampung tangguh di Desa Batang Pane II dan desa ini dinilai layak dan memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai kampung tangguh.

AKP Zulfikar menjelaskan pembentukan kampung tangguh untuk mendisiplinkan warga, agar benar-benar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, kemudian untuk menekan dan menurunkan tingkat penyebaran Covid-19.
Tujuan lainnya, sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan dampak sosial, diantaranya masalah pangan. Karena ada beberapa warga yang kehilangan mata pencahariannya sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Terimakasih kepada kepala desa dan seluruh masyarakat yang telah berupaya menjadikan desa ini kampung tangguh. Mari kita sama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 dan patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan rutin cuci tangan dengan air bersih,” pesan AKP Zulfikar.

Camat Halongonan Timur Muzni Lelo Halomoan Harahap SSTP mengatakan Kampung Tangguh Covid-19 ini tidak akan terwujud tanpa peran serta warga bersama petugas lintas sektor yang selama ini secara bersama-sama dan bergotong royong dalam antisipasi penyebaran dan penularan virus corona.

Tambahnya, kampung tangguh ini merupakan kampung yang siap dalam bidang ketahanan pangan dan kesehatan dimana masa Covid-19 dan memasuki Era New Normal maka desa harus mampu menyiapkan ketahanan pangan serta bidang kesehatannya. Selain itu kampung tangguh juga menyiapkan lahan untuk pemakaman apabila ada yang meninggal dunia akibat virus corona.

“Masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Kemudian pusat kesehatan pelayanan untuk Covid-19 juga lengkap tersedia,” katanya.

Senada disampaikan Kades Batang Pane II Slamet Nugroho. Katanya untuk bidang ketahanan pangan di desanya telah disiapkan peternakan sapi dan kambing, ladang jagung dan sayur-sayuran dan kolam ikan.

Sedangkan untuk bidang kesehatan juga telah disiapkan ruang isolasi dan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer dan disinfektan. “Dengan adanya kampung tangguh ini diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah kami,” harap kades.

Di akhir tinjauan, acara juga dirangkai dengan pemberian sembako secara simbolis kepada enam warga yang kurang mampu. (ais/fi)