News

Kapolda Sumut Dijabat Panca Putra Simanjuntak, Martuani Sormin ke Mabes

FaseBerita.ID – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan promosi sejumlah pejabat tinggi (Pati). Dalam mutasi kali ini, empat kepala kepolisian daerah (Kapolda) diganti. Kapolda yang diganti tersebut untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), Lampung, Sulawesi Utara (Sulut), dan Papua.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021, yang diterbitkan pada Kamis (18/2). Surat telegram tersebut ditandatangani atas nama Kapolri, oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Kapolda Sumut yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Martuani Sormin, kini diserahkan kepada Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut. Sementara Martuani Sormin dimutasi jadi Koorsahli (Koordinator Staf Ahli) Kapolri.

Untuk diketahui, Koorsahli Kapolri dijabat rangkap oleh salah satu Sahli Kapolri yang ditunjuk dengan Surat Keputusan Kapolri, berkedudukan di bawah Kapolri. Adapun Sahli merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan, terdiri dari sejumlah perwira ahli pada tingkat Mabes yang berada di bawah Kapolri.

Sahli Kapolri bertugas mengkaji dan menelaah secara ilmiah permasalahan di bidang sosial politik, sosial ekonomi, sosial budaya, keamanan dan manajemen yang berimplikasi pada tugas Polri, dan memberikan penalaran secara konsepsional kepada Kapolri sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan atau kebijaksanaan yang bersifat makro dan strategis.

Koorsahli Kapolri bertugas mengkoordinasikan sahli bidang dan bertanggung jawab kepada Kapolri dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolri.

Masih dalam Surat Telegram Kapolri tersebut, mantan Kapolda Sumut Komjen Pol Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri.

Begitu juga Irjen Pol Paulus Waterpauw yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kapolda Sumut, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri dari jabatan sebelumnya sebagai Kapolda Papua.

Selain ketiganya, Kapolri juga melakukan mutasi terhadap sejumlah jabatan strategis di Institusi Polri lainnya.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono yang dikonfirmasi perihal pergantian jabatan ini membenarkannya. “Iya benar,” jawabnya singkat.

Sementara Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Purwadi Arianto, diserahkan kepada Irjen Pol Hendro Sugiatno. Purwadi digeser menjadi Pati Lemdiklat Polri.

Kapolda Sulut kini diserahkan kepada Irjen Pol Nana Sudjana yang sebelumnya dicopot sebagai Kapolda Metro Jaya karena kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta.

Selanjutnya, Kapolda Papua kini dijabat Brigjen Pol Mathius D Fakhiri yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua. Jabatan Wakapolda Papua diserahkan kepada Kombes Pol Eko Rudi Sudarto yang sebelumnya Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri.

Sosok Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak

Panca Putra Simanjuntak merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. Jenderal bintang dua ini tercatat memiliki banyak pengalaman di bidang reserse.

Ia pernah tercatat sebagai Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal. Di tahun 2011, laki-laki kelahiran Medan, Januari 1969 silam ini pernah menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Jateng. Kemudian di tahun 2012, dia menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Kalteng.

Di tahun 2017, Panca Putra Simanjuntak pernah dipercaya sebagai Wadirtipidum Bareskrim Mabel Polri. Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat di KPK tahun 2018 sebagai Direktur Penyidikan.

Di tahun 2020, Panca Putra menjabat sebagai Kapolda Sulut di tahun 2020. Dan kini, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak ditugaskan menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin. (smg/fabe)

iklan usi