News

Kapolda Sumut Lantik 7 Kapolres

FaseBerita.ID – Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Martuani Sormin memimpin serah terima jabatan dua Pejabat Utama Polda Sumut dan tujuh Kapolres jajaran, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (18/5).

Dua jabatan Pejabat Utama yang diserahterimakan yaitu Dirsamapta Polda Sumut dari Kombes Pol Pahala Hotma Mangatur Panjaitan kepada Kombes Pol Yus Nurjaman, dan Kabid TIK Polda Sumut dari Kombes Pol Rina Sari Ginting kepada Kombes Pol Raja Sinambela.

Baca juga: Terlibat Narkoba, Oknum Polisi Simalungun Diringkus BNN Siantar

Sedangkan untuk tujuh jabatan Kapolres yang diserahterimakan yakni Kapolrestabes Medan dari Kombes Pol Johnny Eddizon Isir kepada Kombes Pol Riko Sunarko.

Diketahui, Riko Sunarko sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropram Polri. Sedangkan Johnny Eddizon Isir dipercayakan menjadi Kapolrestabes Surabaya.

Berikutnya Kapolres Tapanuli Tengah dari AKBP Sukamat kepada AKBP Nicolas Dedy Arifianto.

Selanjutnya, Kapolres Tapanuli Utara dari AKBP Horas Marasi Silaen kepada AKBP Jonner MH Samosir, Kapolres Tapanuli Selatan dari AKBP Irwa Zaini Adib kepada AKBP Roman Smarathana Elhaj, Kapolres Simalungun dari AKBP Heribertus Ompusunggu kepada AKBP Agus Waluyo, serta Kapolres Tobasa dari AKBP Agus Waluyo kepada AKBP Akala Fikta Jaya.

Kapolda Sumut juga menyerahkan piagam penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak dan Polisi Selebriti Award 2020 kepada Kapolres Tobasa dan Ibu Kategori Kapolres Pejuang Hak Anak dan Kepedulian Terhadap Anak serta Polres Tobasa atas kepedulian dalam memperjuangkan kepentingan terbaik anak.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat lama yang mendapat promosi tugas di luar Sumut. “Para pejabat lama tunjukkan kinerja baik ditempat baru sebagai duta Sumut. Jika bagus dalam pelaksanaan tugas maka nama Sumut akan terangkat,” ujarnya.

Baca juga: Empat Pria Terkait Narkoba Diamankan BNN Siantar

Sementara, lanjutnya, kepada pejabat baru yang mendapat promosi tugas di Sumut selamat datang dan segera menyesuaikan diri untuk laksanakan tugas baru dengan baik.

“Kepada Kapolrestabes Medan saya menaruh harapan besar untuk melanjutkan dan meningkatkan apa yang telah dilaksanakan Kapolrestabes Medan lama khususnya dalam memberantas kejahatan jalanan dan Narkotika sebagai etalase Sumut. Karena tolak ukur Sumut adalah Kota Medan, jika Kota Medan bermasalah maka kita semua terkena imbasnya,” tegasnya.

Martuani menegaskan, tidak ada tempat bagi penjahat di Sumut. “Ini bukan mantera atau jimat, tapi sebagai jargon penyemangat dan motivasi untuk anggota Polda Sumut. Jangan main-main dengan segala bentuk kejahatan atau tindak pidana,” tegasnya.

Dalam bulan suci Ramadan ini, Martuani juga mengapresiasi para pejabat dan seluruh personel yang telah melaksanakan tugas dengan baik meski di tengah pandemi Covid-19. “Mari bersama-bersama kita berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam bertugas,” pungkasnya.

Sementara, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko menegaskan, akan terus memberantas pelaku tindak kejahatan di jalanan Kota Medan sekitarnya, seperti Curas, Curat dan Curanmor (3C). “Tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan di Kota Medan sekitarnya,” ujar Riko usai acara Sertijab.

Riko menyatakan, kepemimpinannya di Polrestabes Medan tentu terus melanjutkan apa yang telah dibuat ataupun program dari Kapolrestabes Medan sebelumnya.

“Polrestabes Medan beserta jajaran akan terus memberantas pelaku tindak kejahatan di Medan sesuai dengan motto dari Kapolda Sumut, tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan,” pungkasnya. (mag-1/ris/ila)

USI