News

Kapal Wira Ono Niha Resmi Beroperasi

Kapal Ro-Ro dengan rute Sibolga-Teluk Dalam

SIBOLGA, FaseBerita.ID – PT Wira Jaya Logitama Lines (WJL) Sibolga secara resmi mengoperasikan kapal barunya yakni Wira Ono Niha berjenis roll on-roll off (Ro-Ro), khusus melayani masyarakat pengguna jasa tujuan Sibolga-Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan (PP). Peresmian itu sendiri dilakukan Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, Selasa (3/9/2019) sore kemarin.

Hadir dalam acara itu, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Hariandja, Ketua sementara DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik, Wakil Ketua sementara DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, mewakili Danlanal Sibolga Kapten Laut (P) Aris Alfatah, Asisten I Pemko Sibolga Joshua Hutapea dan sejumlah pimpinan OPD, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Augustia Waruwu, GM PT Pelindo I Sibolga Suhari, tokoh adat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pencapaian PT WJL di bawah kepemimpinan para anak muda yakni Kelvin Wirawan dan Sugianto.

“Kita bangga atas kerja-kerja yang dilakukan putra-putri Sibolga yang masih muda-muda ini. Semoga hal ini bisa menjadi contoh bagi generasi muda lainnya yang ada di Sibolga,” pungkas Syarfi.

Pada kesempatan itu, Syarfi juga menekankan agar kebersihan Kapal Wira Ono Niha terjaga dengan baik serta memberikan pelayanan prima dengan harapan juga mampu memberikan harga tiket yang terjangkau.

Direktur PT WJL Sugianto, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Sibolga.

“Dengan kehadiran Wira Ono Niha diharapkan dapat mendorong terciptanya lapangan kerja dan membantu perekonomian masyarakat. Operasi awal Wira Ono Niha akan mengangkut keperluan event nasional Sail Nias, yang nantinya akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo,” terang Sugianto.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Augustia Waruwu juga menyampaikan apresiasi mendalam atas kerja keras PT WJL yang membuka akses transportasi Sibolga-Teluk Dalam.

“Ini menjadi sebuah prestasi dimana keberadaan transportasi ini menjadi kebanggaan dan membuka kesempatan warga Nias, khususnya Teluk Dalam untuk melakukan aktivitas perekonomian,” ujarn Augustia.

Sebelumnya, GM PT WJL Heriyon Marbun didampingi Public Relation (PR) Sahnan Habib menjelaskan, selama ini rute pelayaran Sibolga-Teluk Dalam dilayani kapal Wira Prime salah satu kapal milik PT WJL.

“Tetapi, itu hanya dilakukan pada waktu tertentu saja. Dengan kapal Wira Ono Niha ini, rute Sibolga-Teluk Dalam sudah bisa dilayani secara rutin 2 kali seminggu. Estimasi waktu tempuh, diperkirakan hingga 10 jam,” jelas Heriyon.

Heriyon mengatakan, kemungkinan jadwal keberangkatan kapal Wira Ono Niha ini akan bertambah selama pelaksanaan Sail Nias 2019 yang berlangsung 2-16 September.

“Karena kapal ini juga sengaja disiapkan untuk mendukung kegiatan Sail Nias 2019, dan kita termasuk di dalam unsur kepanitiaan,” ujarnya.

Saat ini, sambungnya, PT WJL telah memiliki 4 kapal penyeberangan, yakni KM Wira Glory, KM Wira Victory, KM Wira Prime untuk tujuan Sibolga-Nias, dan KM Wira Ono Niha tujuan Sibolga-Teluk Dalam. Keempat kapal ini sandar di 2 pelabuhan yang lokasinya berdekatan, yakni Pelabuhan Sibolga yang dikelola PT Pelindo I di Jalan Horas, dan Pelabuhan ASP yang dikelola Pemko Sibolga di Jalan KH Ahmad Dahlan.

“Soal keberangkatan kapal, sudah ada penjadwalan dari kedua pelabuhan tersebut, biasanya sejak sore hingga malam hari, antara pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB,” katanya.

Untuk layanan penjualan tiket, lanjutnya, PT WJL telah menyiapkan dua loket, yaitu di Jalan Horas, dan satunya lagi di depan Pelabuhan ASP Jalan KH Ahmad Dahlan, Sibolga. Tarifnya, kelas ekonomi tujuan Sibolga-Teluk Dalam, ditetapkan sebesar Rp88.000 (dewasa) dan Rp39.500 (anak-anak). Sedangkan tarif kelas ekonomi tujuan Sibolga-Gunungsitoli Rp71.500 (dewasa) dan Rp35.000 (anak-anak).

“Rata-rata penumpang kapal, kalau reguler (hari biasa) itu biasanya mencapai 300-400 orang per hari,” tandasnya.

Amatan wartawan, peresmian operasional kapal baru itu ditandai dengan pemecahan 3 kendi oleh Walikota Sibolga, Ketua sementara DPRD Kota Sibolga dan Kepala Kantor KSOP. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kapal Wira Ono Niha bersama seluruh rombongan yang hadir. (rb/osi)