News

Kades Situnjak Dituding Pungli: “Memang Ada Lembaga Sanggup Buat KK dan Akte Gratis?”

FaseBerita.ID – Dewi warga Desa Situnjak, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, mengaku diundang pihak Polres Asahan, guna menindaklanjuti dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum Kepala Desa Situnjak, berinisial G. Hal ini dibenarkan keluarga Dewi, Sabtu (29/6/2019).

Kepada wartawan, orangtua Dewi, Poinah (56) sempat merasa gelisah dengan panggilan polisi tersebut.

“Anak saya dua orang menjadi korban dugaan pungutan liar Pemerintahan Desa Situnjak (oknum Kades bermana Gunawan) sebesar Rp200.000 hingga Rp270.000. Setelah saya mengadukan situasi itu ke sejumlah LSM dan media, anak saya (korban, red) diundang pihak kepolisian dari Polres Asahan. Kita orang desa takut kalau dipanggil polisi,” tutur Poinah.

Sementara, Dewi mengaku takut menghadiri panggilan polisi.

“Saya yang jadi korban dugaan pemerasan Kades, kenapa saya yang dipanggil polisi? Saya dimintai uang Rp270.000 oleh Kades, sedangkan kakak saya dimintai Rp220.000 untuk pengurusan Kartu Kelurga (KK) dan Akte Kelahiran anak, kok saya yang dipanggil polisi? Saya dipanggil dengan nomor undangan K/V/2019 oleh Polres Asahan,” kata Dewi alias Yuni.

Senada juga dikatakan AY  selaku kakak Dewi. Ia juga merasa keberatan jika keluarganya dipanggil polisi.

“Seharusnya Kades yang dipanggil polisi, sebab saya dan adik saya Dewi yang jadi korban praktik pungli Kepala Desa Situnjak,” sebut AY.

Menanggapi panggilan pihak Polres Asahan ini, Mahyudin selaku Ketua LSM BIN Asahan menyarankan korban pungli menghadiri panggilan polisi agar dugaan pungli dapat diungkap.

Terpisah, Kepala Desa Sutunjak Gunawan  saat dikonfirmasi melalui selularnya manyatakan, keberatan dengan kalimat pengutipan uang untuk pengurusan KK dan Akte Lahir pada warganya dianggap pungli.

“Memangnya ada lembaga dan wartawan sanggup membuatkan KK dan Akte secara gratis di Kantor Capil Asahan?,” ungkapnya seraya memutus komunikasi.

Camat Aek Songsongan Irwansyah Siagian saat dikonfirmasi, menyayangkan sikap Kades Situnjak. Menurutnya, seharusnya dugaan pungli itu tidak boleh terjadi di kecamatan yang dia pimpin. Irwansyah juga mengaku, akan mencari tahu terkait surat  pemanggilan dari Pokres Asahan. (ck-01/ahu)