News

Kabel PLN yang Kendur Ancam Keselamatan Warga

BARUS, FaseBerita.ID – Masyarakat sesalkan kabel tegangan tinggi  milik PLN Rayon Barus yang bisa mengancam keselamatan warga.

Kondisi itu tampak beberapa titik kabel tegangan tinggi di wilayah Kecamatan Barus, Tapteng. Kabel tersebut tampak lepas dari pin isolator hingga nyaris  menyentuh tiang listrik besi di bawahnya.

Menurut warga  sangat  bahayakan dan belum mendapat tindakan perbaikan dari pihak PLN Barus. Warga terpaksa membuat tulisan waspada di bawah tiang agar tidak terjadi kecelakaan.

P.Habeahan (40), warga sekitar, mengatakan mengatakan kondisi kabel tersebut sudah lama terjadi, namun tidak ada respon pihak PLN. Diperkirakan beberapa titik kabel dengan kondisi yang sama sudah lama terlepas berada di wilayah desa Sihorbo Kecamatan Barus Utara, Tapteng, Rabu (26/6/2019).

Hal tersebut juga di benarkan warga Desa Sihorbo lainnya, Tumbur  (40) menyebutkan kalau kondisi lepasnya kabel itu sudah lama terjadi.

“Kita tidak tau kalau itu sangat berbahaya, padahal selama ini sejumlah anak kerab bermain di halaman rumah dimana lokasi tiang berada. Kami menganggap biasa saja dan tidak tahu kalau itu berbahaya, namun ada warga  yang mengingatkan kalau kondisi kabel seperti itu sangat berbahaya jangan sampai kabel menyentuh tiang listrik,” ujarnya.

Dan sudah pernah di laporkan secara lisann, namun hingga saat ini pihak PLN  tidak pernah memeriksanya. Hampir setiap hari petugas PLN lewat dari wilayah ini, namun belum ada tanda tanda di perbaiki. Mungkin karena  di laporkan secara lisan kepada petugas  hingga tidak mendapat  tanggapan.

Masih menurut warga sekitar Jasmar Sihite (56) juga menyebutkan kabel di tiang listrik dari besi itu jelas sangat membahayakan. Apalagi berada di wilayah pemukiman padat penduduk.

Sementara pihak PLN yang dikonfirmasi di kantornya, mengatakan kalau petugas yang menangangi bagian kabel tersebut sedang tidak berada di kantor. (gp)