News

Kabel Listrik Tegangan Tinggi Meledak: Warga Pusuk Panik dan Berhamburan

FaseBerita.ID – Kabel listrik bertegangan tinggi milik Perusahaan Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) milik Mega Power Mandiri (MPM) di Kecamatan Parlilitan, Humbahas meledak dan menimbulkan percikan api yang sangat hebat hingga membuat sejumlah warga  panik dan lari berhamburan menyelamatkan diri.

Kejadian  itu berlangsung di daerah pemukiman padat penduduk, yakni Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Minggu (17/5) sekira pukul 20.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut, akan tetapi warga sempat panik dan lari berhamburan cemas akan terjadi hal yang lebih buruk. Peristiwa itu membuat warga trauma dan meminta MPM segera memindahkan jaringannya.

Informasi yang didapat dari sejumlah warga menyebutkan, kejadian itu disebabkan kabel milik MPM, putus dan menimpa jaringan PLN yang berada tepat di bawahnya sehingga terjadi kkorsleting.

“Ada empat kali ledakan yang cukup keras disertai nyala api yang sangat hebat. Hal itu membuat warga keluar rumah. Mereka panik setelah melihat kejadian. Ada yang lari, ada yang berteriak minta tolong dan ada yang menangis,” kata Anwar S Manullang, warga Pusuk I, Senin (18/5).

Kepada wartawan, Anwar juga mengaku bahwa dia bersama warga lainnya sempat mengungsi karena ketakutan.

“Kami juga sempat mengungsi. Karena kejadiannya persis di samping rumah,” terangnya.

Pasca kejadian, warga menghubungi pihak MPM dan PLN untuk menangani masalah tersebut.

Hal senada disampaikan Kades Pusuk I, Juni Mahulae. Dia menambahkan, atas permintaan warganya, PLTMH MPM diminta memutus sambungan arus demi keselamatan dan kenyamanan warga Pusuk I, sampai ada jaminan resiko dari MPM.

“Sampai sekarang kabel tersebut masih belum kita izinkan disambung. Karena warga masih trauma. Tunggu ada solusinya,” ujar Juni.

Terpisah, pihak menejemen MPM saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Heru selaku menejer produksi MPM berdalih bahwa kejadian dipicu karena petir menyambar pegangan salahsatu kabel sehingga kabel tersebut jatuh menimpa kabel PLN dan menimbulkan korsleting.

“Sebenarnya bukan putus, pak, tetapi jatuh. Petir menyambar salahsatu pegangan kabel menyebabkan kabelnya kendor dan jatuh menimpa kabel PLN,” kilahnya. (sht/fi)

USI