News

Juni 2020 Sorikmas Mining Mulai Konstruksi: Rekrut 700 Tenaga Kerja, Diutamakan Putra Daerah

MADINA, FaseBerita.ID – Perusahaan tambang emas PT Sorikmas Mining (SM) akan memulai tahapan rekonstruksi pada bulan Juni tahun 2020. Pada saat konstruksi, perusahaan akan merekrut tenaga kerja sekitar 700-an orang.

Manager Humas PT SM Ade Hendi saat temu pers, Rabu (28/8/2019) menjelaskan, saat ini perusahaan pada tahapan pra konstruksi, yang mana Infill Drilling (pengeboran) sedang berlangsung.

Pengeboran yang dilakukan perusahaan tersebut guna memastikan kandungan emas yang akan diproduksi nantinya.

Ade juga memastikan, semua perizinan sebagian besar telah selesai ditunaikan, termasuk Izin Pemakaian dan Pemanfaatan Hutan (IPPH) yang akan berjalan selama 8 tahun, dan selama itu juga perusahaan diizinkan melakukan penebangan pohon.

Kata Ade, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 41 thn 2004, ada 13 perusahaan di Indonesia yang diizinkan melakukan usaha di wilayah hutan lindung, salah satunya adalah PT Sorikmas Mining selaku perusahaan pemegang Kontrak Karya di Indonesia yang ditandatangani oleh Presiden RI Megawati.

“Perlu kami beritahukan, semua perizinan perusahaan dikeluarkan oleh kementerian. Cuma ada beberapa izin yang perlu dikeluarkan pemerintah daerah, dan itu juga sudah kita selesaikan,” ujarnya.

Saat ini perusahaan sedang melakukan infill drilling sampai bulan desember 2019., tahapan ini untuk memastikan cadangan emas, Setelah infill drilling selesai (mengambil sample), kemungkinan Maret akan dapat hasilnya, dan direncanakan Juni 2020 akan dilakukan tahapan konstruksi.

“Apabila tahapan konstruksi dimulai, perusahaan akan merekrut pekerja sekitar 700-an orang. Dapat kami pastikan 70 persen dari pekerja nantinya adalah tenaga kerja lokal. Ini komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat di daerah,” terang Ade. (wan)