News

Jokowi Menang Pilpres Lagi; “Terimakasih untuk Indonesia”

FaseBerita.ID – Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya di Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5). Itu dilakukan karena KPU telah menyelesaikan proses rekapitulasi nasional.

Jokowi dan Ma’ruf Amin kompak mengenakan pakaian berwarna putih. Bedanya, cawapres tetap mengenakan kopyah hitam dan sorban putih.

Jokowi dalam pidatonya mengajak semua rakyat Indonesia untuk bersyukur dan berbanngga, karena telah berhasil menggelar pemilu yang damai.

“Seluruh rakyat yang kita cintai, yang saya banggakan Kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia, dan patut beresyukur bahwa kita telat terbukti menjadi bangsa yg dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan pemilu, dewasa dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Jokowi di Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5).

Jokowi bersyukur masyarakat telah dewasa dalam menjaga perdamaian. Dewasa juga dalam mengelola perbedaan-perbedaan dan dewasa dalam menjaga sekaligus memperkokoh persatuan.

“Bukti nyatanya masyarakat telah dewasa ini tampak dalam kebebasan kita berdemokrasi. Juga kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang jujur dan adil serta pemilu yang penuh dengan perdamaian dan kegembiraan,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi juga bersyukur kepada Allah SWT. Karena rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 sudah diselesaikan oleh KPU. Baik Pileg maupun Pilpres.

“Ini lah makna hakiki dari hakekat rakyat berdaulat. Saya dan Kiai Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia dimana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua,” katanya.

Jokowi juga menegaskan, kepercayaan dan amanah rakyat tersebut akan dirinya wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan.

“Termasuk juga seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air Indonesia,” ungkapnya.

Jokowi berujar, setelah dilantik di bulan Oktober nanti dirinya bersama dengan Ma’ruf Amin adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia. Kami Akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia,” katanya.

Jokowi kemudian mengajak semua pihak untuk bersatu padu membangun bangsa dan tanah air tercinta. Hal ini dilakukan demi kedamaian demi kesejahteraan generasi kita mendatang, generasi anak cucu di masa depan

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi setinggi tingginya atas kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu, KPU dan Bawaslu, kepada tokoh masyarakat dna juga para peserta pemilu. Kemudian juga kepada aparat keamanan TNI dan Polri.

“Serta semua pihak termasuk para saksi yang siang dn malam bekerja dengan tulus demi pemilu yang adil dan jujur?,” tuturnya.

Raih Suara 55,50 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai pemenang dalam Pilpres 2019. Mereka memperoleh 85.607.362 suara sah.

Raihan suara Jokowi-Ma’ruf setara dengan 55,50 persen dari total suara sah di Pilpres 2019 sebanyak 154.257.601 suara.

Hal itu ditetapkan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (21/5) dini hari pukul 01.46 WIB. Rapat dipimpin Ketua KPU Arief Budiman.

Sementara pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 68.650.239 suara sah. Dengan kata lain, Paslon 02 meraih 44,50 persen dari total suara sah.

Jarak keunggulan Jokowi atas Prabowo naik tipis dari Pilpres 2014. Saat itu, Jokowi-JK meraih 70,99 juta suara atau 53,15 persen suara sah. Sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapatkan 62,57 juta suara atau 46,85 persen suara sah.

KPU mencatat ada 199.987.870 pemilih dalam Pilpres 2019. Sementara 158.012.506 orang atau 81,79 persen di antaranya menggunakan hak pilih. (JP/cnn/int)

USI