News

Jokowi: Harus Lebih Aktif Menyampaikan Kritik

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Ombudsman Republik Indonesia atau ORI yang terus mengawasi pelayanan publik di Indonesia.

Jokowi mengatakan, semua pihak juga harus menjadi bagian dalam memwujudkan pelayanan publik yang lebih baik ke depannya. Sehingga masyarakat terlayani dengan baik.

“Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan,” ujar Jokowi dalam pidatonya di Laporan Tahunan Ombudsman secara virtual, Senin (8/2).

Jokowi juga meminta masyarakat aktif untuk melaporkan kepada Ombudsman jika adanya maladministrasi. Sehingga masyarakat biasa kiritis terhadap pelayanan publik ini.

“Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik. Sekalgus masukan ataupun potensi maladministrasi,” katanya.

Jokowi menuturkan, dirinya tidak ingin pelayanan publik malah menyusahkan masyarakat. Pelayanan publik yang bersifat kaku dan menyusahkan masyarakat ini harus bisa diubah.

“Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil,” ungkapnya.

Jokowi menuturkan, Ombudsman bersama dengan masyarakat punya kerja besar mengubah pelayanan masyarakat yang selama ini berbelit-belit. Karena saat ini pelayanan publik haruslah cepat dan berorientasi pada hasil.

“Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil,” pungkasnya. (jp)