News

Jika Zona Hijau Memburuk, Pembelajaran Tatap Muka Harus Stop

FaseBerita.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, jika suatu kondisi wilayah yang berada di zona hijau Covid-19 makin memburuk akibat pelaksanaan pembelajaran tatap muka, maka kegiatan tersebut akan dihentikan.

“Zona yang sudah hijau jika kondisinya memburuk setelah dibuka pembelajaran tatap muka maka pembelajaran tatap muka harus segera dihentikan dan prosesnya kembali lagi ke awal,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (7/8).

Hal ini bertujuan untuk memberikan situasi pembelajaran yang aman bagi warga pendidikan. Sesuai dengan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

“Oleh karena itu, saya mengimbau agar seluruh sekolah yang ada di wilayahnya mematuhi aturan yang telah ditetapkan,” jelas dia.

Adapun, aturan pelaksanaan kegiatan tatap muka juga telah dicantumkan di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri. Yang mengatur tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

Terkait pembukaan sekolah sepenuhnya, pihaknya akan mengkaji hal tersebut. “Sebelum membuka sekolah kita harus memperhatikan risiko kesehatan saat ini. Di saat kita bisa mengontrol fungsi kesehatan, baru kita bisa berpikir untuk membuka lagi sekolah,” tuturnya.

Namun, untuk waktu pastinya, dia tidak menjelaskan. Sebab, harus mendapat persetujuan dari Satuan Gugus Tugas Covid-19.

“Tidak bisa dijawab tanggalnya, ini adalah proses yang dinamis. Tergantung daerah, tergantung keputusan gugus tugas tergantung pada kesiapan masing-masing pemda dan sekolah,” imbuhnya. (jp)

iklan usi