News

Jika Ada Kecurangan, Silahkan Melapor Sesuai Prosedur

ASAHAN, FaseBerita.ID – Pesta Demokrasi atau Pemilu 2019 berjalan lancar dan kondusif. Sejumlah aparat termasuk Polres Asahan bekerjasama dengan TNI Kodim 0208/AS turut siaga dan melaksanakan pengamanan dari mulai terlaksananya pemilu serentak, penghitungan rekapitulasi PPK kecamatan hingga penghitungan rekapitulasi pleno terbuka yang diselenggarakan oleh KPU Asahan.

Pantauan wartawan, kegiatan itu berlangsung dengan keadaan aman, kondusif serta tampak adil, transparan dan demokratis.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu juga turut memantau ke lapangan hingga penghitungan pleno dilaksanakan yang dibuka Kamis (2/5) dan Minggu (5/5) lalu.

Saat berlangsungnya Rapat Pleno yang diselenggarakan KPU Asahan, terdapat beberapa tokoh pemuda, masyarakat dan kalangan saksi memberikan komentar kepada wartawan yakni Adit Satria Tanjung, Wakil Ketua KNPI Kabupaten Asahan, kemarin (4/5).

Adit mengakui bahwa pelaksanaan pemilu 2019 di Kabupaten Asahan dilaksanakan dengan jujur, adil, transparan dan demokratis.

“Menurut saya pelaksanaan pemilu tahun ini dilaksanakan dengan baik, jujur, adil, transparan dan demokratis,” kata Adit.

“Selain itu, kalau pun ada terdapat kecurangan atau pelanggaran dan tindak pidana pemilu, langsung saja kita laporkan ke penegak hukum seperti Bawaslu dan Gakkum (Penegakan Hukum) Polres Asahan,” ujarnya.

Seirama dengan Nurliman Saksi dari DPD RI dan Ismail Nur Purba Saksi dari Partai Gerindra Kabupaten Asahan, Ismail mengatakan hingga saat ini proses berjalannya pemilu sampai berjalanya penghitungan rekapitulasi pleno terbuka yang diselenggarakan oleh KPU berjalan dengan baik.

“Kalau pun ada kecurangan, laporkan saja kepada pihak yang berwajib. Lagi pula saat ini kan masih berjalan penghitungan pleno, kita tunggu saja hasil keputusan KPU dan kita percayakan saja dengan KPU,” imbau Ismail.

Sementara Ketua KPU Asahan Hidayat Sp mengucapkan terimakasih kepada Polres Asahan beserta tim gabungan pengamanan pemilu 2019 yang sudah senantiasa mengamankan pemilu.

“Dengan adanya pengamanan dan pengawalan dari pihak Polres Asahan dari mulainya pemilu 2019, penghitungan Rekapitulasi PPK, hingga Rekapitulasi Pleno KPU Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan mulus dan tidak ada timbul kerusuhan,” kata Hidayat

Plt Bupati Asahan: Alhamdulillah,
Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Sementara Plt Bupati Asahan H Surya menyatakan, pelaksanaan pemilu 2019 baik itu pileg maupun pilpres dapat berjalan baik dan lancar di Kabupaten Asahan.

Orang nomor satu di Kabupaten Asahan itu menyatakan, pemilu 2019 yang terlaksana di Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan baik, aman, adil, jujur dan transparan.

“Alhamdulillah pemilu 2019 di Asahan berjalan lancar, aman, adil, jujur, transparan dan demokratis,” kata H Surya.

Mantan Wakil Bupati Asahan itu memberikan imbauan bahwa apabila terdapat kecurangan dalam pemilu 2019 maka segera melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

“Apabila ada terjadi pelanggaran-pelanggaran pemilu serta terdapat kecurangan, mari kita laporkan sesuai prosedur dan jalur hukum yang berlaku,” ujarnya.

Surya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mengambil tindakan sendiri disaat mendapat kecurangan.

“Saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat tidak mengambil tindakan sendiri-sendiri disaat terjadi kejanggalan, sehingga tidak menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat,” sebut Surya.

Surya juga meminta kepada masyarakat agar menerima hasil keputusan KPU Asahan dengan lapang dada.

“Alhamdulillah, Asahan dalam keadaan kondusif dan saya berharap masyarakat juga bisa menerima dengan baik hasil keputusan KPU,” imbaunya. (bay)

USI