News

Jembatan Penghubung Bangun Dasma Riah–Sigodang Butuh Tembok Pengaman

Sempit dan Rawan Lakalantas

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Jembatan Titi Akar yang merupakan jembatan penghubung Nagori Sigodang ke Nagori Bangun Dasma Riah Kecamatan Panei butuh pembangunan tembok pengaman sekaligus pelebaran jembatan. Kondisi saat ini sempit dan tanpa pengaman, hanya ada pengaman darurat dari batang bambu.

Robert Sidauruk, warga sekitar mengatakan, kondisi jalan dan jembatan di sekitar lokasi memang sempit. Namun untuk lokasi jalan, pengendara masih bisa memanfaatkan beram jalan jika berpapasan bertemu sesama kendaraan. Namun untuk jembatan, selain sempit bangunan pengamannya tidak ada. Hanya menggunakan bambu yang harus diganti secara berkala.

“Kita berharap kepada pemerintah untuk segera merehab jembatan tersebut. Sudah ada yang mengalami kecelakaan karena kondisi jalan menurun dan sempit itu. Bahkan sudah ada pengendara yang jatuh ke dalam sungai,” katanya.

Terpisah, anggota DPRD Simalungun dari Partai Perindo, Agus Irawan Sinaga SH mengatakan, keluhan masyarakat soal jembatan titi akar yang sempit dan membutuhkan tembok pengaman sudah disampaikan kepada pihak Dinas PUPR Kabupaten Simalungun. Kondisi jembatan memang sangat riskan terjadi kecelakaan, atau jatuh ke dalam jurang di bawah jembatan.

“Dinas PUPR kita harapkan segera menampung dana rehab untuk jembatan. Karena jalan penghubung Bangun Dasma Riah ke Nagori Sigodang, merupakan salah satu jalan alternatif dari Kecamatan Dolok Pardamean ke ibukota Raya,” kata Agus Irawan.

Dijelaskan Agus, untuk sementara menunggu ada pembangunan dari Pemkab Simalungun, kepada pengendara yang melintasi lokasi agar ekstra hati-hati terutama saat melintas pada malam hari.

“Hati-hati saat berkendara di lokasi, terutama malam hari. Karena kondisi yang gelap, jarak pandang terbatas, maka rawan terjadi kecelakaan. Kita berharap dibawah kepemimpinan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, pembangunan rehab jembatan dan pembuatan tembok pengaman jembatan dapat terealisasi,” kata putra Nagori Sigodang ini.(esa/fabe)