News

Jembatan Laru Tambangan dan Hutarimbaru di Madina Segera Dibangun

MADINA, FaseBerita.ID – Jembatan penghubung di Kecamatan Tambangan yang roboh beberapa waktu yang lalu dan jembatan di Desa Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan dibangun Pemerintah tahun 2020 mendatang.

Demikian disampaikan Dinas Komunukasi Informatika Kabupaten Madina kepada media in, Senin (18/8/2019).

“Tahun 2020 dinas PUPR Kabupaten Madina telah membuat anggaran dalam e-Planning pembangunan jembatan rangka baja Aek Batang Gadis ruas jalan Laru Panjaringan Tambangan dan jembatan di desa Hutarimbaru. Ini menjawab kebutuhan akses transportasi aman dan nyaman yang dibutuhkan masyarakat,” kata Kadis Kominfo Sahnan Pasaribu melalui Kabid Infokom Wildan Nasution.

Wildan menyebutkan, anggaran pembangunan kedua jembatan yang rubuh dan rusak berat itu sudah diusulkan Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ke Kementerian PUPR di Jakarta.

Sebelumnya Bupati Dahlan juga sudah menyampaikan usulan tersebut ke Menko Perekonomian RI Darmin Nasution.

Dalam surat usulan Bupati tersebut, jembatan Laru Panjaringan Kecamatan Tambangan ukuran panjangnya 60 meter dengan lebar 8 meter itu rubuh akibat diterjang bencana alam beberapa waktu yang lalu dan menyebabkan beberapa desa terisolasi. Seperti Desa Tambangan Jae, Simangambat, Tambangan Tonga, Rao-Rao Dolok, Rao-Rao Lombang, dan desa Panjaringan.

“Jumlah penduduk di lima desa tersebut mencapai 10 ribu jiwa, dan saat ini hasil pertanian dari wilayah tersebut dengan menggunakan perahu kayu,” kata Dahlan.

Begitu juga dengan jembatan Desa Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan yang berukuran panjang 70 meter dengan lebar 4 meter. Jembatan tersebut menghubungkan kelurahan Pasar Kotanopan dengan beberapa desa yang ada di seberang sungai, yaitu Desa Hutarimbaru, Hutapadang, Aek Marian, Muara Potan, Gunung Tua, Simandolam, dan Desa Saba Dolok.

Jumlah penduduk di beberapa desa tersebut mencapai 8 ribu jiwa yang pada umumnya adalah petani yang menghasilkan puluhan ton karet, kopi, coklat yang diangkut setiap hari sabtu ke pasar Kotanopan. (wan)

USI