News

Jelang Upacara Hari Kemerdekaan, 60 Anggota Paskibra Pemusatan Latihan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sebanyak 60 orang siswa/i anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Siantar pada hari kemerdekaan RI ke-74 di Kota Pematangsiantar, melaksanakan pemusatan latihan di Lapangan H Adam Malik Kota Pematangsiantar.

Sebelumnya, tiap sekolah mengutus 10 orang siswanya untuk menjadi anggota Paskibra, dan setelah diseleksi oleh pelatih, maka tersisa 60 orang.

Amril Yousnaidin salah seorang pelatih Paskibra Kota Siantar mengatakan untuk Paskibra pada 17 Agustus 2019 mendatang ada 32 orang perempuan dan 28 laki-laki, sehingga keseluruhannya 60 orang.

“Mereka kita latih sesuai dengan peran dan posisinya,” ujar Amril.

Untuk sementara pelatihan yang dilakukan masih latihan dasar. Seperti baris-berbaris, penyesuaian gerakan kaki. “Kita terus melakukan latihan untuk mencapai target yang kita harapkan,” ujar Amril.

Ada Utusan ke Istana

Dalam sesi latihan itu tampak juga Sylvia Kartika Putri (16) siswi SMA Swasta Kartika Pematangsiantar. Ia adalah salah satu dari 68 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terpilih utusan dari Sumatera Utara. Sylvia akan menjadi anggota Paskibraka pada Dirgahayu Republik Indonesia di Istana Negara 17 Agustus 2019 mendatang.

“Awalnya di sekolah diumumkan, siapa yang berminat untuk ikut seleksi Paskibra. Itu bulan Februari, terus setelah diseleksi akhirnya masuk ke Paskibra Kota,” ujar Sylvia mengawali ceritanya.

Sylvia mengaku banyak mendapatkan bimbingan dari para pelatih yang merupakan Purna Paskibra Kota Pematangsiantar. Ia banyak berlatih dari Ketua Purna Paskibra Kota Pematangsiantar Dimas Hari, yang saat ini bertugas sebagai anggota TNI AD di Batalyon 122/ Tombak Sakti dan Polman Rumahorbo yang saat ini bertugas sebagai personel Polres Pematangsiantar.

Sylvia juga mengatakan bahwa pihak keluarganya sangat senang dan bangga atas prestasi yang telah ia raih sejauh ini.

“Ini berkat dari doa ayah, mama dan kawan-kawan, mendapat penghargaan sebesar ini, dan saya sangat terharu dan sangat senang,” katanya.

Ia juga mengakui pihak sekolahnya sangat mengapresiasi dirinya untuk terus maju ke depannya, ia pun berharap ke depan semoga dirinya dapat membawa nama baik Sumatra Utara. (mag03/pra)