News

Jelang Idul Adha Asahan Surplus Ternak

ASAHAN, FaseBerita.ID – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 hijirah, ketersediaan hewan ternak yang diperuntukkan untuk kurban kondisinya surplus.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menyebutkan pemeriksaan kesehatan itu sudah dilakukan terhadap sapi dan kambing milik pakan ternak Pemkab Asahan yang berada di kawasan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

“Dinas peternakan telah memeriksa kesehatan hewan kurban yang berada di pakan ternak milik pemkab. Kondisinya sehat dan layak konsumsi,” kata Rahmat, Rabu (24/7/2019).

Rahmat memastikan kondisi hewan ternak di Kabupaten Asahan terbebas dari penyakit. Sehingga, masyarakat tidak perlu ragu untuk membeli hewan kurban dari pakan ternak milik Pemkab Asahan.

“Masyarakat Asahan yang akan melaksanakan kurban bisa membeli hewan ternak, Lembu atau Kambing dari pakan ternak di Simpang Empat,” sebutnya.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu juga berlaku terhadap hewan ternak yang dikelola UPT di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan.

Bahkan semakin mendekati Hari Raya Idul Adha, pakan ternak milik Pemkab Asahan dan masyarakat semakin proaktif untuk memeriksakan kesehatan hewan ternaknya.

“UPT tahu hewan ternak milik masyarakat yang layak untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Terlebih masyarakat yang punya kandang Lembu, di kecamatan selalu rutin menyuntik hewan ternak,” ungkapnya.

Rahmat pun menjelaskan bahwa hewan ternak di Kabupaten Asahan jumlahnya surplus. Sehingga banyak dari daerah lain di luar daerah, bahkan dari luar Sumatera Utara yang memesan Lembu atau pun Kambing dari Kabupaten Asahan.

“Daerah kita ini surplus ternak. Hal itu tidak terlepas dengan bantuan program bupati melalui ternak. Banyak masyarakat dari Aceh, Bukit Tinggi (Sumbar), Tapsel dan lainnya yang pesan ke daerah kita,” ujarnya. (int)