News

Januari 2021, Asahan Siap Belajar Tatap Muka

FaseBerita.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asahan siap melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah. Terhitung sejak Maret lalu, sekolah-sekolah telah ‘diliburkan’ dan murid-murid mengikuti pembelajaran dengan sistem daring (online).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Asahan Sofyan menyatakan belajar dan mengajar di sekolah dilakukan dengan cara tatap muka mulai Januari 2021. Pernyataan tersebut berlandaskan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

“Kita terus melakukan koordinasi, sehingga kita siap belajar dan mengajar dengan cara tatap muka. Kemudian tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Sofyan kepada wartawan, Selasa (24/11).

Sofyan menjelaskan, pihaknya kini masih terus melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah tentang mekanisme belajar dengan cara tatap muka. Hal ini dilakukan agar pihak sekolah bisa memahami sistem belajar tatap muka.

Selain itu, lanjutnya, pihak sekolah juga harus memfasilitasi tempat cuci tangan, face shield, masker, cek suhu tubuh, dan sebagainya. Artinya, sekolah harus memiliki alat-alat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Protokol kesehatan akan ketat diberlakukan,” ujarnya.

Masih kata Sofyan, sebelum dilaksanakan proses belajar tatap muka, pihaknya terlebih dahulu melakukan simulasi ke pihak sekolah. Mulai cara masuk sekolah dan menggunakan protokol kesehatan.

Belajar tatap muka, lanjutnya, dilakukan menggunakan dua gelombang, yakni pagi dan siang. Kemudian siswa belajar hanya sekitar 2 jam tanpa istirahat.

“Kalau sekolah sudah paham, kita tinggal menunggu SKB 4 menteri. Kita juga meminta dukungan dari para orangtua murid dan masyarakat,” tutupnya. (bay/fi)