News

Jangan Lengah, Tetap Utamakan Protokol Kesehatan: Sudah 25 Kasus Covid-19 di Asahan

FaseBerita.ID – Kurva sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Asahan terus merangkak naik. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan, per tanggal 6 Juli 2020 kasus virus Corona di Kabupaten Asahan total berjumlah 25 kasus.

Dengan pembagian 4 pasien dalam pengawasan (PDP) sementara itu jumlah pasien positif 21 orang, terdiri dari meninggal 5 orang, sembuh 7 orang dan 9 masih menjalani perawatan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar menjelaskan data terakhir warga yang meninggal yakni seorang pria berinisial K (77) warga dusun III  Desa Karya Ambalutu, Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan yang meninggal tanggal 4 Juli 2020 lalu.

“Pasien ini sebelumnya berstatus PDP. Dirawat di rumah sakit Putri Hijau Medan dengan penyakit awal sesak nafas. Sebelum meninggal dunia lalu sempat dilakukan uji swab hasilnya positif dan dimakamkan standard Covid-19.  Jenazah kemudian dilakukan pemakaman dengan standard Covid-19 di TPU Tuntungan, Medan,” jelas Hidayat dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (6/7).

Selain itu, ada juga informasi baik yang diterima dari GTPP Covid-19 Kabupaten Asahan, yakni dr NN, salah seorang tenaga medis spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran yang juga koordinator tim medis Covid-19 dinyatakan telah sembuh dan telah pulang kembali dari rumah sakit di Medan tempat sebelumnya ia dirawat.

“Alhamdulillah, kemarin informasi yang kita terima dokter tersebut dinyatakan sembuh. Sekarang sudah berada di Kisaran dan belum bisa bertugas karena masih dalam pengawasan untuk pemulihannya,” jelas Hidayat.

Dalam kesempatan tersebut pula ia tak bosan mengimbau masyarakat yang saat ini sudah jenuh menghadapi kasus Covid-19 untuk tetap menerapkan standard protokol kesehatan selama bersosialisasi dan beraktifitas di luar rumah seperti dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan mengatur jarak antara orang per orang. (per/rah)