News

Jalin Sumut Laksanakan Mubes I dan Deklarasi

Fokus Edukasi dan Aksi Bidang Lingkungan

SIMALUNGUN,FaseBerita.ID – Jaga Lingkungan Sumatera Utara (Jalin Sumut) sukses melaksanakan Musyawarah Besar I dan Deklarasi Organisasi. Mubes I tersebut berlangsung sejak Kamis – Sabtu (8-10/4/2021), bertempat di Desa Sihaporas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Sedangkan untuk acara deklarasi tersebut dilaksanakan pada Senin (12/4/ 2021) di Kota Pematangsiantar.

Mubes I ini menjadi langkah awal untuk berdirinya Jalin Sumut, setelah melalui banyak waktu yang panjang dengan banyaknya agenda persidangan, Mubes tersebut menetapkan Kevin Lumban Gaol sebagai Ketua Umum, Andre Sinaga (Sekretaris Umum), Gomgom Sijabat (Bendahara Umum).

Terpilih juga Sumitro R. Sitanggang (Kabid Hukum dan Ham), Edis Galingging (Kabid Kajian Strategi dan Aksi), Arianto Sitorus (Sekbid Kajian Strategi dan Aksi), Honbersan Panggabean (Kabid Pendidikan Lingkungan Hidup), Raja Silaban (Sekbid Pendidkan Lingkungan Hidup), dan Jhosua Sidauruk (Kabid Media Komunikasi dan Informasi).

Sekretaris Umum  Jalin Sumut terpilih, Andre Sinaga menyampaikan, “ini adalah langkah awal kami, Jalin Sumut merupakan organisasi yang baru saja lahir dan kami bentuk bersama-sama dan berbasis di lingkup Provinsi Sumatera Utara. Kiranya dengan hadirnya wadah ini mampu memberikan sumbangsi yang baik terhadap lingkungan di Sumatera Utara,” pungkasnya.

“Jalin Sumut siap menjadi wadah check and control, serta untuk mewujudkan keadilan lingkungan berbasis kajian dan edukasi. Agar tercapainya masyarakat sejahtera demi terwujudnya keadilan lingkungan. Pernyataan tersebut didukung dengan aksi nyata Jalin Sumut secara langsung, yaitu dengan melakukan penanaman beberapa bibit pohon bersama masyarakat Sihaporas setelah usainya Mubes I, dengan harapan mampu menjadi langkah awal serta langkah pasti berdirinya Jalin Sumut,” tutupnya.

Sementara itu, Kevin Lumban Gaol, selaku Ketua Umum terpilih menyampaikan, organisasi ini akan bergerak dalam bidang lingkungan, yakni memberikan edukasi tentang lingkungan kepada masyarakat, pendampingan masyarakat dan akan turut serta mengkaji terkait persoalan-persoalan lingkungan di Sumatera Utara.

“Dengan terpilihnya saya dalam Mubes I Jalin Sumut, saya berharap agar mampu menjalankan Visi-Misi organisasi yang telah kami sepakati bersama dan dapat berkontribusi secara maksimal dalam organisasi ini. Saya sangat berharap agar seluruh pengurus mampu berkontribusi, bekerja sama dan konsisten dalam pergerakan yang baik, untuk mencapai tujuan yang telah kita sepakati bersama,” tutupnya.

Setelah melaksanakan Mubes I, Pengurus Jalin Sumut pun langsung mendeklarasikan wadah ini melalui media pada Senin, 12 April 2021. Dengan tujuan, agar seluruh masyarakat ataupun semua stakeholder mengetahui dan mampu bekerja sama dengan organisasi lainnya. Dengan telah hadirnya sebuah wadah baru, dengan harapan mampu menjadi episentrum untuk mencari solusi masalah lingkungan dan menjawab persoalan-persoalan lingkungan, khususnya di Sumatera Utara.(rel/fabe)

USI