News

Jalan Terjal KPU Hadapi Hoax Server Menangkan Jokowi

FaseBerita.ID – Pemilihan legislatif dan presiden tinggal kurang dari dua minggu lagi. Berbagai berita bohong atau hoax semakin gencar tersebar di media sosial menyerang kedua pasangan calon yang sedang berkontestasi.

Bahkan, berita hoax juga mulai merambah kepada penyelenggara pemilu. Beberapa hari terakhir, warganet-sapaan akrab pengguna sosial media- diramaikan oleh video yang berdurasi 2 menit 14 detik tengah menampakkan suasana rapat.

Yang jadi persoalan, salah seorang yang sedang berbicara mengungkapkan bahwa server milik KPU sudah diatur untuk kemenangan pasangan calon petahana, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pria yang berbicara itu menyatakan bahwa ucapan tersebut diyakini kebenarannya pasca berkunjung ke Singapura. Dia menyatakan, server KPU telah disetting untuk memenangkan petahana sebesar 57 persen. Video tersebut pun menjadi viral di media sosial, baik di Twitter, Facebook maupun YouTube.

Adapun unggahan video tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh akun bernama Rahmi Zainuddin Ilyas di Facebook pada 3 April 2019. Berdasarkan informasi yang dihimpun, potongan video suasana rapat itu ternyata terjadi pada 27 Maret 2019 lalu. Dalam video tersebut, rapat itu diduga tengah membahas pemenangan Prabowo-Sandi pada pemilu 17 April 2019.

Tidak jelas memang dimana rapat itu dilakukan dan siapa aja yang mendatangi rapat tersebut. Namun yang pasti, potongan video itu telah banyak dibagikan oleh pengguna akun media sosial lainnya.

“Di KPU, saya bulan Januari ke Singapura karena ada kebocoran data. Ini saya buka saja. 01 sudah membuat angka 57 persen. Allah Maha segala, server yang dibangun 7 lapis salah satunya bocor. Kami berusaha menetralkan tapi data itu masih invalid sampai detik ini. Saya berbicara ke Pak Alfian ini harus dituntaskan sebelum 17 April. Kalau sudah tanggal 17, angkanya berapa yang jadi pegangan kita, belum ketahuan bapak. Masih angka 185 itu pun yang invalid banyak sekali,” begitu sedikit penggalan ucapan dari salah seorang yang menjadi pembicara dalam video tersebut.

iklan usi

1 2 3 4 5Laman berikutnya