News

Jalan Rusak, Pengendara Kreta Sering Berjatuhan

FaseBerita.ID – Jalan Nasional Sibolga-Mela, tepatnya di Jalan Oswald Siahaan, Pintu Angin, Kelurahan Sibolga Ilir, kondisinya rusak parah. Banyak lubang-lubang besar di lokasi yang seringkali mengakibatkan pengendara sepedamotor terjatuh dan terlempar.

“Apa dinas jalan yang mengurusi jalan ini harus menunggu korban terkapar akibat kondisi jalan ini? Sebab akibat jalan rusak ini, sudah beberapa kali pengendara sepedamotor jatuh. Bahkan dua hari yang lalu ada orang tua yang mengendarai sepedamotor terjatuh akibat menabrak lubang. Akibatnya korban luka-luka, memang tidak parah tapi tentu lubang itu sangat membahayakan pengendara,” terang L sianturi (50), salah seorang warga yang tinggal di lokasi tersebut, Rabu (8/7) kepada New Tapanuli.

Menurut dia, pihak pengelola jalan itu sudah beberapa kali menutup lubang tersebut. Namun hanya enam bulan kembali lagi berlubang. Dirinya juga menyesalkan pengelola yang sering menambal jalan tersebut dalam kondisi yang masih basah, sehingga hasilnya seperti itu.

“Kalau mau menempel jalan ini, seharusnya lubang tersebut kering dulu baru aspalnya bisa menyatu. Kalau airnya masih di dalam, mana mungkin aspalnya bisa lengket dan menyatu,” terang dia.

Sianturi juga menyesalkan kondisi parit yang berada di bagian atas lubang tidak tertata dengan baik, sehingga jika hujan turun air justru mengalir ke lubang tersebut. Sehingga jalan itu yang termasuk kategori jalan sibuk/padat dan termasuk jalan nasional yang sempit dan kerap dilalui kendaraan yang bertonase besar, menambah cepat jalan rusak parah.

“Kita berharap jalan ini cepat diperbaiki, jangan menunggu adanya korban jiwa akibat kerusakan jalan. Apalagi jalan ini sangat urgen untuk dilintasi pengendara dari dan menuju Sibolga,” terangnya.

Anggota DPRD Sibolga Mandapot Pasaribu didampingi Selfi Kristian Purba kepada New Tapanuli, Rabu (8/7), juga mengaku prihatin dengan kondisi jalan ini. “Kita harapkan instansi terkait, terutama Balai Besar Jalan Nasional yang mengurus jalan ini untuk segera memperbaikinya. Sebab dikhawatirkan jika ini tidak segera diatasi, bisa menelan korban,” terangnya.

Lanjut dia, untuk menyegerakan perbaikan jalan ini, diharapkan Pemerintah Kota Sibolga diminta turut andil untuk mengusulkan perbaikan jalan kepada Balai Besar Jalan Nasional sehingga bisa segera diperbaiki. (mis)