News

Jalan Menuju Raya, Simalungun Rusak Parah

FaseBerita.ID – Jalan provinsi antara Kota Pematangsiantar menuju Kecamatan Pematangraya, Kabupaten Simalungun tampak kurang diperhatikan. Selain aspal mengelupas, sejumlah titik di jalan ini bak empang untuk memelihara ikan, lantaran setiap hujan, air tak kunjung hilang.

Salah satu titik yang terlihat cukup parah ada di Nagori Merek Raya, Kecamatan Raya. Di sini setiap angkutan umum yang melintas perlu hati-hati karena kubangan cukup dalam dan lebar.

Salah seorang warga bermarga Purba cukup heran dengan pemerintah, sebab jalan ini merupakan urat nadi masyarakat maupun pejabat Pemkab Simalungun yang hilir mudik dari dan menuju Siantar maupun kawasan wisata Parapat.

“Heran juga, padahal beberapa kilometer lagi itu udah perkantoran Pemkab Simalungun. Tapi kok ini gak diperbaiki juga,” katanya seraya menggeleng-gelengkan kepala.

Ia berujar, Pemkab ataupun Pemprov Sumut seperti tahu namun tak mau berbuat apa-apa.

Amatan media ini, Jumat (16/4/2020), setelah persimpangan Sigodang, jalan menuju pusat pemerintahan di Pematang Raya cukup mulus dan aman dikendarai. Namun sebelum simpang Sigodang, jalan bergerutu dan berlubang dalam dengan diameter yang relatif lebar.

Di titik jalan yang rusak ini, sebuah angkutan umum kesulitan melintas menjadi pemandangan tersendiri. Angkutan umum harus hati-hati dengan menurunkan kecepatan. Belum lagi lampu penerangan yang relatif jauh antartiang membuat minim pencahayaan di malam hari.

Hingga kini media masih berupaya mengonfirmasi hal ini ke Dinas PU Pemprov maupun UPT Simalungun. (Mag-04)