News

Jadi Lokasi Transaksi Sabu Polisi Gerebek Warung di Tanjungbalai

FaseBerita.ID – Petugas Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai menggerebek sebuah warung yang kerap dijadikan lapak transaksi narkoba jenis sabu di Jalan M Abbas Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Selasa (9/6).

Dalam penggerebekan ini petugas mengamankan seorang pria paruh baya berinisial Aj (50) warga Jalan T Amir Hamzah Tanjungbalai atas dugaan kepemilikan satu paket sabu.

“Penangkapan ini berawal ketika kita menerima informasi bahwasanya di salah satu warung di Jalan M Abbas sering dijadikan lokasi transaksi narkoba,” kata Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, kepada wartawan, Rabu (10/6/2020).

Dikatakannya pihaknya yang mendapatkan informasi ini kemudian melakukan penyelidikan dengan mendatangi lokasi yang dimaksud. “Sesampainya di TKP, petugas melihat 1 orang laki-laki sesuai dengan ciri-ciri yang di informasikan sedang duduk di dalam sebuah warung,” ujar AKBP Putu.

Selanjutnya, personel Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai langsung menyergap pria tersebut. “Ketika dilakukan penggeledahan ditemukan satu bungkus plastik klip transparan diduga berisi narkotika jenis shabu dari atas lantai tidak jauh dari tersangka duduk,” katanya.

Tak pelak atas penemuan barang bukti ini, tersangka kemudian diboyong ke Polres Tanjungbalai untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. “Dari pemeriksaan tersangka mengakui barang tersebut miliknya,” tukasnya.

Simpan Sabu dalam Kota Rokok

Seorang pria remaja tak bisa mengelak sewaktu polisi tiba-tiba datang mendekatinya saat sedang berada di pinggir Jalan Teuku Umar, Gang Akasia, Kelurahan Karya, Kecamatan Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai, Selasa (9/6).

Ketika digeledah, ternyata dugaan polisi benar kalau remaja berinisial WA (20) itu sedang menyembunyikan sesuatu di dalam bungkus rokok merk Surya.

Melihat kedatangan polisi, bungkus rokok itu sempat dibuangnya. Kecurigaan polisi pun terbukti. Sebab, di dalam kotak rokok itu, didapati paket narkoba jenis sabu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, remaja yang bertempat tinggal di Jalan Taqwa, Linkungan II, Kelurahan Pantai Burung, Kota Tanjung Balai itu langsung di gelandang ke Sat Narkoba Polres Tanjung Balai.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira menyebut, penangkapan tersangka setelah mendapatkan informasi akurat adanya seorang pria remaja akan bertransaksi narkoba di TKP.

“Malam itu juga, tim meluncur ke lokasi dan benar dilihat seorang remaja tengah menunggu seorang pembeli. Ketika digeledah kita temukan 1 bungkus sabu seberat 0,56 gram did alam bungkus rokok yang dibawa tersangka,” jelas, AKBP Putu kepada wartawan, Rabu (10/6) siang.

Dihadapan petugas, remaja bertato di lengan kanan dan mengenakan tindik anting itu pun mengakui sabu itu miliknya yang akan dijual ke pemadat. Guna mengetahui asal barang haram tersebut, saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan.

Musnahkan Ribuan Gram Sabu dan 4.432 Butir H5

Polres Tanjungbalai memusnahkan barang bukti Narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 2.597,09 gram dan obat Clozapine atau H5 sebanyak 4.432 butir dari 7 perkara.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira memimpin langsung pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan di loby Markas Komando (Mako) Polres Tanjungbalai pada hari Selasa (9/6) pagi sekitar pukul 10.30 WIB.

Sebelum pelaksanaan pemusnahan pada hari ini, pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020, terhadap seluruh barang bukti tersebut telah dilakukan penimbangan yang disaksikan oleh Kasi Propam dan Kasat Tahti Polres Tanjungbalai. Selanjutnya, barang bukti narkoba tersebut disimpan ke dalam lemari barang bukti dengan dua kunci, masing-masing kunci tersebut disimpan oleh Kasat Resnarkoba dan Kasi Propam.

Pemusnahan barang bukti narkoba ini dilakukan berdasarkan UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Surat Telegram Kapolri No : ST/868/III/2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang Antisipasi Perkembangan Pandemi Virus Corona (COVID-19), Surat Telegram Kapolda Sumut No : ST/ 402 / IV / RES.4 / 2020/Dirresnarkoba tanggal 17 April 2020 tentang satu hari sebelum pelaksanaan pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan penghitungan/penimbangan barang bukti narkoba yang akan dimusnahkan.

Serta Nota Dinas Kasat Resnarkoba Nomor: B/ND-40/VI/RES.2.4./2020/Narkoba tanggal 03 Juni 2020, tentang Rencana Pemusnahan Barang Bukti Narkotika.

“Pemusnahan akan dilakukan dengan cara dilarutkan kedalam air panas yang mendidih, sedangkan barang bukti Clozapine atau H5 dimusnahkan dengan cara dibakar,” ujar Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira. (ck04/rah)