News

Isu Begu Ganjang Merebak, Warga Jangan Terprovokasi

FaseBerita.ID – Warga Huta Pangkalan Buntu Atas, Nagori Simpang Raya, Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, heboh adanya isu begu ganjang yang dituduhkan dipelihara oleh MM (60) warga setempat, Selasa (23/7/2019) sekira pukul 13.40 WIB.

Isu begu ganjang ini tersebar mulanya seorang warga Pakkalan Buntu Atas bernama IM (22) kerasukan dan menuduh pamannya MM memelihara begu ganjang di dalam rumah.

Kemudian IM beserta beberapa warga sekitar rumahnya memanggil orang pintar (paranormal).

Ceritanya sekira pukul 15.45 WIB, IM beserta keluarganya mendatangi rumah MM. Sejam kemudian IM beserta keluarga kembali pulang menuju rumahnya dengan dibantu keluarganya.

Namun dari pihak masyarakat sekitar masih belum puas, dimana permintaan keluarga IM beserta masyarakat agar rumah MM diperiksa setiap ruangan yang diduga di dalam ada menyimpan benda-benda gaib (begu ganjang).

Sebelumnya sekira pukul 13.30 WIB, Pangulu Nagori Simpang Raya, Josbin Tambunan beserta Gamot datang ke Kantor Camat Panei dan memberitahukan bahwa ada warga Huta Pangkalan Buntu Atas akan melakukan pemeriksaan rumah yang diduga memelihara begu ganjang.

Selanjutnya berita itu sampai kepada Camat Panei Sumihar Situmorang, lalu berkoordinasi dengan pihak Polsek Panei dan Koramil 16 Panei dengan melakukan mediasi terhadap keluarga IM yang kerasukan dan menuduh pamannya MM memelihara begu ganjang.

Iptu Juni Hendrianto saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Kita sudah melakukan mediasi kedua belah pihak di Kantor Pangulu Simpang Raya Kecamatan Panei serta melakukan penyuluhan hukum oleh Bhabinkamtibmas kepada masyarakat Huta Pangkalan Buntu Atas,” ujarnya.

Masih Iptu Juni mengatakan bahwa pihaknya melakukan patroli terbuka dan tertutup secara berkala di Huta Pangkalan Buntu Atas guna mengantisipasi terpancingnya emosi warga akibat isu begu ganjang.

“Isu begu ganjang yang dituduhkan kepada MM tidak bisa dibuktikan oleh Isnawati Marpaung yang kerasukan arwah ompungnya,” sebutnya. (Mag05)

iklan usi