News

Isteri dari KTU RSUD Tanjungbalai Positif: Pasien Covid-19 Asahan Bertambah 1 Orang

FaseBerita.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan kembali melaporkan penambahan pasien positif Covid-19 berinisial M (54) jenis kelamin perempuan, hasil Swab PCR. Pasien M, merupakan isteri dari S, yang lebih dulu berstatus positif dan diketahui bekerja sebagai Tata Usaha di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjungbalai.

Dengan demikian, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Asahan bersumber dari hasil surveilans dari seluruh Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, hingga Selasa (9/6) jumlah pasien positif menjadi 7 orang, terdiri dari 3 orang sembuh, 3 orang dirawat dan 1 orang meninggal, sementara pasien dalam perawatan (PDP) 1 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) nihil.

“Hari ini seorang lagi warga positif tersebut berinisial M,  warga Kelurahan Gambir Baru Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Beliau merupakan isteri dari pasien S yang lebih dulu positif,” kata Rahmad Hidayat.

Iapun mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan rapid tes terhadap 14 orang anggota keluarga, maupun yang pernah kontak erat dengan para pasien sebelumnya di kediaman mereka beberapa waktu lalu.

“Ada 14 orang kita rapid tes. Namun 1 hasilnya reaktif. Setelah di tes kembali dengan Swab PCR hasilnya positif. Sementara dengan 13 orang lagi saat ini sedang diisolasi secara mandiri untuk mengantisipasi penularan,” ujarnya.

Sebelumnya, informasi dihimpun kasus ini bermula ketika pasien M mengalami demam, sakit kepala dan badan pegal-pegal dan mulai berobat dan dirawat di RSUD Tanjungbalai  pada tanggal 29 Mei 2020. Kemudian dirujuk ke rumah sakit Martha Friska Medan tanggal 31 Mei dan diketahui positif hasil scan Swab PCR beberapa hari setelahnya.

Mantan camat Kisaran Timur Kabupaten Asahan ini juga melaporkan, saat ini M telah dirawat di rumah sakit Martha Friska Medan dan mendapatkan penanganan medis di sana. Untuk diketahui dengan demikian kondisi itu membuat Kecamatan Kisaran Timur menjadi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak dari 25 Kecamatan di Kabupaten Asahan yakni dengan 4 kasus positif, 1 meninggal dan 1 sembuh.

Sedangkan 21 Kecamatan sama seali tidak terdapat kasus Cobid-19 diantara adalah Kecamatan Aek Ledong, Silau laut, Kisaran Barat, Bandar Pasir Mandoge,  Bandar Pulau, Setia Janji, Air Joman, Tanjung Balai, Pulo Bandring, Aek Songsongan, Rahuning, Sei Dadap, Teluk Dalam, Air Batu, Sei Kepayang, Sei Kepayang Barat, Pulau Rakyat, Rahuning, Tinggi Raja, Sei Kepayang Timur, Meranti dan Kecamatan Aek Kuasan. (per/rah)