News

Intensitas Hujan Tinggi, Sungai Silau Meluap: Puluhan Rumah Diterjang Banjir

FaseBerita.ID – Puluhan rumah warga di Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Asahan dan sekitarnya. Hal ini diperparah dengan meluapnya aliran sungai Silau.

Informasi dihimpun, hingga Minggu (17/5) siang ketinggian air masih mencapai di atas lutut orang dewasa. Akibatnya banyak warga yang terdampak tidak bisa beraktifitas ke luar rumah akibat genangan air yang tinggi.
Salah satu desa yang paling parah digenangi air banjir adalah Desa Terusan Tengah, Kecamatan Tinggi Raja. Kepala desa setempat, Nauli Manurung saat dikonfirmasi mengatakan, hujan sejak kemarin malam hingga ke esokan harinya menambah genangan air.

Menurutnya sedikitnya lebih dari 80 rumah warga terutama di Dusun X tergenang banjir. Saat ini warga hanya berharap curah hujan tidak semakin berkepanjangan sehingga air akan surut dan banjir tidak semakin meluas.

“Dari tadi malam air sudah naik. Sampai siang ini terus hujan belum berhenti,” kata dia.

Iapun menambahkan hal tersebut bisa juga disebabkan faktor lain yakni meluapnya Sungai Silau dan masih tingginya intensitas hujan di hulu sungai. Debit air yang semakin naik tidak cukup menampung kapasitas air hingga meluap menggenangi area perkebunan dan rumah warga.

Untuk itu, pihak aparatur desa setempat telah memberikan imbauan kepada warga untuk tetap mengantisipasi ketinggian air karena diperkirakan curah hujan masih tinggi dan potensi genangan air akan meluas menggenangi rumah warga. (per/rah)