News

Ini Penyebab Padamnya Listrik

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemadam listrik kembali terjadi pada Kamis (9/5) malam di sejumlah wilayah Sumatera Utara. Pemadaman ini disebabkan adanya gangguan pada system transmisi penghantar 150 kV.

Terjadinya gangguan transmisi ini, mengakibatkan sejumlah pembangkit listrik antara lain PLTU Nagan, PLTU Pangkalan Susu, PLTGU Belawan dan PLTG AKE mengalami trip (lepas system) dengan total daya 378 MW.

Dampak dari gangguan ini sejumlah titik di daerah Sumatera Utara Bagian Utara terjadi pemadaman listrik.

“Langkah-langkah pemulihan pasca terjadinya pemadaman ini, PLN melakukan percepatan pengoperasian sejumlah pembangkit untuk segera masuk ke system 150 kV. Penormalan berangsur pukul 04.28 WIB dan selesai secara keseluruhan pukul 06.38 WIB,” ujar Manager UP3 Pematangsiantar Joy Mart S Sihaloho, Jumat (10/5).

Disebutkan Joy Mart, walau sudah dilakukan penanganan, sistem kelistrikan mengalami kembali pemadaman dikarenakan ketersediaan daya pembangkit yang tidak mencukupi akibat sejumlah pembangkit keluar sistem maka terjadi defisit sebesar 263 MW di sistem Sumatera Bagian Utara.

Selanjutnya PLN melakukan upaya percepatan penormalan dengan melakukan pemulihan satu persatu pemadaman yang cukup meluas diakibatkan sistem penyaluran 150 kV. Dalam hal ini, pembangkit menjadi perhatian serius bagi PLN untuk melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Atas kejadian ini, PLN UP3 Pematangsiantar memohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami berupaya seoptimalnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik,” terang Joy Mart Sihaloho.

Disebutkan juga kesiapan pasokan listrik selama bulan Ramadhan ini, PLN UP3 Pematangsiantar sudah melakukan jauh-jauh hari pemeliharan jaringan terutama di daerah yang rawan gangguan.

“Kami berharap kerjasa sama seluruh masyarakat, bila ada mendapat informasi adanya gangguan jaringan, agar secepatnya memberitahukan ke PLN agar dapat segera ditangani,” tutup Joy Mart Sihaloho. (pra)